Ban Mobil Benjol, Bukan Hanya Tak Nyaman tapi Juga Berbahaya

Kamis, 24 Maret 2022 - 13:22 WIB
loading...
A A A
Biasanya, permukaan aspal yang panas bisa mengikis lapisan ban mobil dan menyebabkan perubahan bentuk pada ban. Perubahan tersebut akan semakin cepat ketika angin pada ban mobil kurang serta beban mobil yang terlalu berat. Hal ini akan berakibat pada munculnya benjolan pada ban.


Setelah Anda memahami apa saja penyebab ban mobil benjol, ada baiknya mengetahui cara terbaik untuk mengatasi masalah itu. Dilansir dari laman Showroom Mobil.co.id, berikut beberapa cara untuk mengatasi ban mobil benjol:

Ban Mobil Benjol, Bukan Hanya Tak Nyaman tapi Juga Berbahaya


1. Perbaikan Sementara

Dalam kondisi darurat, semisal sedang melakukan perjalanan jauh, atau bengkel tutup. Penambalan mungkin bisa menjadi salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengatasi ban mobil benjol untuk sementara, namun efek tersebut tidak bertahan lama.

Dalam hal ini, pengendara bisa mencari terlebih dahulu titik benjolan pada ban, kemudian tusuk bagian tersebut dengan obeng kecil, namun usahakan jangan terlalu dalam ketika menusuknya. Setelah ban ditusuk, angin akan keluar, setelah itu isi kembali angin ban dengan menggunakan kompresor. Ulangi terus cara tersebut sampai benjolan pada ban hilang.

2. Ganti Ban

Cara ini mungkin cara paling efektif yang bisa digunakan untuk mengatasi ban mobil benjol. Ketika pengendara melihat ban mobil benjol, pengendara bisa menggantinya terlebih dahulu dengan ban cadangan apabila membawanya. Namun, apabila tidak membawanya, satu-satunya cara adalah dengan membeli yang baru.

Jangan pernah ragu untuk segera mengganti ban mobil yang benjol. Pasalnya ban adalah komponen kendaraan yang paling sering berhubungan dengan jalan. Jadi keamanan dan keselamatan pengemudi dan penumpang mobil sangat ditentukan oleh kondisi ban mobil.
(wsb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2755 seconds (0.1#10.140)