Penyebab Mobil Terbakar dari Kaca Mata Pembalap Profesional

Sabtu, 26 Maret 2022 - 14:58 WIB
loading...
Penyebab Mobil Terbakar dari Kaca Mata Pembalap Profesional
Penyebab mobil terbakar paling dominan disebabkan oleh masalah kelistrikan yang salah. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Penyebab mobil terbakar dari kaca mata pembalap profesional, Rifat Sungkar ternyata sangat menarik dicermati. Pasalnya mobil terbakar tidak hanya bisa terjadi di mobil-mobil tua atau lama tapi juga mobil baru.

Wakil Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) itu mengatakan pada umumnya penyebab kebakaran terjadi karena faktor kelistrikan. "Sistem kelistrikan ini paling ringkih. Tolong untuk hal ini perlu aware, karena gangguan elektrikal adalah gangguan dalam, di luar terlihat baik tapi di dalamnya ternyata rusak," kata Rifat Sungkar dalam sebuah diskusi virtual beberapa waktu lalu.

Faktor kelistrikan itulah yang membuat mobil baru atau pun mobil tua sama-sama rentan terbakar. Banyak pemilik mobil tua tidak begitu peduli dengan kelistrikan yang ada di mobil mereka. Sebaliknya, pemilik mobil baru terkadang banyak yang melakukan modifikasi kelistrikan melebihi ketentuan.

Rifat Sungkar juga mengingatkan kepada para pemilik mobil untuk tidak asal menambahkan aksesori mobil yang menggunakan kelistrikan. Sebab, aksesori yang dijual di after market memiliki muatan listrik yang berbeda dengan standar pabrikan, bahkan bisa lebih besar konsumsi listriknya.



Penyebab Mobil Terbakar dari Kaca Mata Pembalap Profesional


"Saya rekomen sekali spesifikasi engine harness mohon jangan dimodifikasi karena sistem engine harness akan sangat mempengaruhi performa kendaraan," ujarnya.

Lebih lanjut, Rifat Sungkar menilai mesin belakang dan depan juga beda-beda penyebabnya. Untuk yang biasanya terjadi, mesin yang di depan adalah ketika mobil itu pernah satu atau dua kali lewati genangan air.

"Lukanya tidak kelihatan. Genangan air ini cukup jahat karena tidak semua mobil prepare. Contoh ada mobil ecu di bawah lantai, mobil lain ada air intake di bawah bemper dan selama mobil berjalan tentunya banyak komponen yang hasilkan panas," ujarnya.

"Kemarin ada kasus, kendaraan baru terbakar, karena power steering putus dan minyaknya kena heater. Jadi, banyak penyebabnya terbakar mobil," tambahnya
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4393 seconds (0.1#10.140)