Sandiaga Uno Apresiasi Kiprah GeBer Komunitas di MotoGP dan Lombok

Minggu, 27 Maret 2022 - 10:02 WIB
loading...
Sandiaga Uno Apresiasi Kiprah GeBer Komunitas di MotoGP dan Lombok
GeBer Komunitas berhasil menyemarakkan perhelatan MotoGP Indonesia dan menggairahkan ekonomi warga lokal. Foto/DOK. GeBer Komunitas
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengapresiasi kiprah GeBer Komunitas mensukseskan MotoGP Indonesia yang berlangsung beberapa waktu lalu dan menggairahkan ekonomi Lombok. Diketahui GeBer Komunitas telah menyelesaikan touring unik selama 15-25 Maret 2022 lalu bertajuk Mandalika Wonderful Ride.

Dalam touring rombongan GeBer Komunitas melakukan perjalanan darat dari Jakarta hingga ke Lombok. Namun dalam perjalanan itu mereka juga melakukan eksplorasi wisata, ikut ambil bagian dari kebersihan sirkuit Mandalika, edukasi seputar helm hingga peningkatan ekonomi masyarakat melalui peran digital serta mempelajari kearifan budaya lokal.

Denny Wajonk dari Indoclub sebagai ketua rombongan mengatakan gerakan itu dibuat karena tingginya antusias penonton yang hadir di Sirkuit Mandalika. Apalagi penantian berlangsungnya MotoGP di Indonesia telah berlangsung selama 25 tahun.



Sandiaga Uno Apresiasi Kiprah GeBer Komunitas di MotoGP dan Lombok


"Kami sekadar menggugah dan mengajak para penonton agar tetap ikut merawat kebersihan sirkuit Mandalika sebagai salah satu aset berharga untuk dunia motorsport dan pariwisata Indonesia. Terlebih kawasan Mandalika menjadi destinasi super prioritas dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang pasti menjadi tujuan untuk berwisata. Untuk itu kita harus bisa menjaga sirkuit ini agar bisa terawat dan nyaman untuk dikunjungi khususnya bagian tribun dan kebersihan toilet,” terang Denny Wanjok.

Aksi mereka langsung mendapat apresiasi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno yang menyambut baik inisiasi tersebut dalam kaitannya dengan gerakan bersama komunitas. “Saya apresiasi apa yang dilakukan Wonderful Ride dalam membersihkan tribun dan kawasan Sirkuit Mandalika dalam menyukseskan gelaran MotoGP. Hal lainnya adalah program ini bisa menjadi kebangkitan ekonomi, penciptaan lapangan kerja dan program yang tepat waktu, guna dan sasaran. Terima kasih kepada komunitas yang ikut membantu, ” ujar Menteri Sandiaga Uno.



Sandiaga Uno Apresiasi Kiprah GeBer Komunitas di MotoGP dan Lombok


Kegiatan lainnya yang diadakan adalah diskusi mengenai pentingnya helm dari berbagai aspek seperti tips memilih hingga cara merawatnya kepada komunitas motor lokal. Acara berlangsung di Desa Wisata Tete Batu sekaligus mempelajari warisan budaya di desa yang pernah terpilih mewakili lomba desa internasional pada tahun 2021. Desa Tete Batu memiliki spot andalan mulai pesona air terjun, area berkemah dan trek sepeda downhill.

Dalam kaitannya dengan kebangkitan ekonomi lapangan kerja, program terakhir dari Mandalika Wonderful Ride adalah diskusi yang mengangkat tema Peran Jejak digital dalam Mengangkat Peluang Usaha untuk Kebangkitan Ekonomi, Lapangan Kerja. Acara ini digelar di Desa Wisata Masbagik, Lombok Timu sebagai sentra kerajinan gerabah menghadirkan pembicara Kementerian Pariwista dan Ekonomi Kreatif untuk lebih menggeliatkan kembali produk gerabah sambil memanfaatkan teknologi digital.

Acara lainnya untuk mengeksplorasi destinasi wisata di Lombok Tengah adalah mengunjungi Pantai Selong Belanak dan bertemu dengan komunitas Electric Expeditions.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1648 seconds (0.1#10.140)