Awas! Ini Bahaya Ganti Ukuran Ban Motor Lebih Besar dari Ukuran Normal

Selasa, 29 Maret 2022 - 19:16 WIB
loading...
Awas! Ini Bahaya Ganti Ukuran Ban Motor Lebih Besar dari Ukuran Normal
Ganti ukuran ban motor lebih besar dari normal memang keren, tapi juga memiliki dampak dan risikonya. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Mengganti ukuran ban motor lebih besar dari ukuran normal ternyata memiliki dampak negatif. Memang, alasan orang mengganti ban motor lebih besar dari ukuran normal beragam. Ada yang merasa dengan melakukan itu akan membuat motor mereka lebih keren. Sebagian berdalih merasa lebih nyaman dan mantap saat berkendara.

Namun, ternyata ada beberapa dampak buruk dan bahaya yang timbul akibat penggunaan ban motor berukuran lebih besar dari standar yang ditetapkan.

Dilansir dari situs Maxxis Indonesia, Selasa (29/3), berikut beberapa bahaya mengganti ukuran ban motor lebih besar:

1. Komponen Van Belt dan Rantai jadi Cepat Aus
Bahaya pertama dari ganti ukuran ban motor lebih besar adalah berakibat pada komponen van belt dan rantai menjadi cepat aus. Hal tersebut terjadi karena pada kondisi motor yang bergerak, perputaran ban pada kendaraan akan menjadi lebih berat. Kondisi tersebut membuat komponen van belt dan rantai bekerja lebih keras sehingga berpotensi menjadi lebih cepat aus.

2. Tarikan Menjadi Berat
Bahaya berikutnya dari ganti ukuran ban motor lebih besar adalah tarikan motor yang menjadi berat. Ketika pemilik kendaraan mengganti ban motornya dengan ukuran lebih besar dari ukuran aslinya, hal tersebut akan berdampak pada tarikan motor menjadi lebih berat.

Kondisi tersebut terjadi karena ukuran ban motor yang lebih besar akan menambah beban motor sehingga membuat mesin motor mengeluarkan tenaga lebih dan ekstra.

3. Bensin Lebih Boros
Dampak selanjutnya dari ganti ukuran ban motor lebih besar adalah bahan bakar atau bensin motor menjadi lebih boros. Ketika pemilik kendaraan mengganti ukuran ban motor menjadi lebih besar akan membuat tenaga yang dikeluarkan motor juga semakin besar.

Kondisi tersebut membuat konsumsi bensin bertambah dan membuatnya lebih boros dari biasanya. Jadi, dalam hal ini pengendara wajib memperhatikan hal ini sebelum memutuskan mengganti ukuran ban motor menjadi lebih besar, karena bisa menguras bensin dan harus mengeluarkan uang berlebih untuk membelinya.



4. Manuver Berkurang
Awas! Ini Bahaya Ganti Ukuran Ban Motor Lebih Besar dari Ukuran Normal

Dampak berikutnya dari ganti ukuran ban motor lebih besar adalah manuver motor berkurang. Motor yang memiliki ukuran ban lebih besar akan menjadikannya lebih sulit bermanuver serta membuat motor sulit dikendalikan. Selain itu, motor juga akan menjadi tidak nyaman saat digunakan karena tidak selincah saat menggunakan ukuran ban yang normal seperti sebelumnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3182 seconds (0.1#10.140)