Mengenal 6 Alat Pendingin Mesin Mobil dan Komponen Lainnya, Yuk Disimak!

Kamis, 31 Maret 2022 - 14:18 WIB
loading...
Mengenal 6 Alat Pendingin Mesin Mobil dan Komponen Lainnya, Yuk Disimak!
Radiator adalah salah satu alat pendingin mesin mobil yang sangat penting. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Alat pendingin mesin mobil memiliki fungsi untuk mendinginkan mesin mobil pada suhu yang mencapai batas tertentu. Mobil yang memiliki suhu mesin melebihi standar ketika digunakan bisa berakibat overheat dan membuat mesin mati secara tiba-tiba.

Alat pendingin suhu mobil ini berperan untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya suhu berlebih tersebut pada mobil. Pada umumnya, ketika mesin mobil terlalu panas akan memberikan kode pada indikator dashboard mobil yang menyala merah. Selain itu pada beberapa kasus, indikator tersebut juga ada yang menunjukan sampai level H.

Namun, perlu anda ketahui bahwa alat pendingin tersebut tidak hanya berguna bagi mesin, melainkan akan berguna juga bagi kestabilan suhu komponen-komponen lainnya. Maka dari itu, alat pendingin mesin mobil ini sangatlah penting sehingga pemilik kendaraan harus bijak untuk merawatnya dengan baik.



Dilansir situs Suzuki, berikut beberapa alat pendingin mesin mobil yang perlu Anda ketahui:

1. Pompa Air

Alat pendingin mesin mobil yang pertama adalah pompa air. Dalam hal ini, komponen pompa air mengirim sirkulasi air dari lower tank ke radiator. Pompa air ini akan berperan untuk membuat air radiator kembali ke dalam pipa-pipa untuk bekerja.

Komponen pompa air ini menjadi salah satu alat pendingin mesin mobil yang cukup penting, sehingga tidak boleh sampai rusak karena memiliki tugas untuk menjaga siklus tertutup yang fungsinya menyerap, membawa, dan membuang panas.

Selain itu, fungsi komponen pompa air juga akan mengikuti putaran pada mesin karena terhubung dengan v-belt.

2. Water Jacket
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2139 seconds (0.1#10.140)