Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Habis yang Sering Dianggap Remeh

Rabu, 06 April 2022 - 14:53 WIB
loading...
Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Habis yang Sering Dianggap Remeh
Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Habis. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Penting untuk mengetahui penyebab air radiator cepat habis agar Anda bisa menghindarinya. Sebenarnya air radiator habis hal yang wajar terjadi pada mobil.



Namun, jika air radiator cepat habis, anda harus cari tahu penyebabnya. Pasalnya, jika air radiator habis dalam waktu terlalu cepat, mesin mobil akan mudah panas (overheating).Dilansir dari Auto2000 berikut penyebab air radiator cepat habis.

1. Tutup radiator kendur

Penyebab air radiator cepat habis bisa disebabkan oleh tutup radiator kendur atau tidak dapat menutup dengan rapat, sehingga air radiator lebih cepat merembes ke tabung penyimpanan air cadangan. Umur mobil yang sudah tua bisa menyebabkan karet penutup radiator pun melemah.

2. Water pump rusak

Water pump atau pompa air pada sistem radiator berfungsi mendistribusikan air ke komponen mesin. Jika komponen ini rusak, maka volume air radiator dapat menurun dengan cepat, oleh karena itu komponen ini sangat vital.
Pastikan water pump radiator dalam kondisi optimal, karena Saat volume air cepat turun, maka suhu mesin pun akan cepat naik.

3. Selang radiator renggang

Penyebab air radiator cepat habis bisa disebabkan oleh selang radiator renggang, sehingga aliran air radiator pun tidak maksimal. Air akan terbuang melalui celah antara selang dan besi radiator.

4. Kebocoran pada bagian sirip

Kebocoran pada bagian sirip radiator merupakan salah satu Penyebab air radiator cepat habis. Komponen ini memang bisa bocor. Misalnya hantaman benda keras, adanya sumbatan, hingga tempat pembuangan air radiator yang tidak rapat.

5. Sirkulasi tersendat

Selanjutnya, penyebab air radiator cepat habis juga bisa disebabkan sirkulasi yang tersendat.
Tersendatnya sirkulasi air ini karena thermostat tidak bisa terbuka saat suhu kerja telah tercapai.Saat mesin sudah menyentuh titik didih, namun sirkulasi terhambat, maka volume air radiator pun berkurang.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6139 seconds (0.1#10.140)