Air Radiator Berwarna Tidak Kurangi Khasiat

Jum'at, 11 Maret 2022 - 18:18 WIB
loading...
Air Radiator Berwarna Tidak Kurangi Khasiat
Air radiator merupakan bagian penting dalam sebuah kendaran bermotor. Apabila mesin panas dan beresiko overheat, air radiator berfungsi mendinginkannya agar kendaraan tidak mogok. Foto/Suzuki.co.id
A A A
JAKARTA - Air radiator merupakan bagian penting kendaran bermotor . Apabila mesin panas dan beresiko overheat, air radiator berfungsi mendinginkannya agar kendaraan tidak mogok.

Bagi pemilik kendaraan tentunya memperhatikan bahwa air radiator memiliki warna berbeda. Di antaranya ada merah, hijau, kuning dan biru. Lalu apa sih perbedaanya?

Dalam kandungan air radiator coolant itu terdapat chemical sakti agar dapat melakukan pekerjaannya dengan maksimal. Di antaranya, rush inhibitor, ethylen glicol, Sodium 2-enthyl hexanote, diethlyn dan sodium sneodecanote.



Bahan-bahan kimia sakti itu gunanya untuk menaikan titik didih air dan mencegah karat. Kendati demikian, bahan kimia tersebut rupanya tidak memberikan warna tersendiri. Untuk itu perbedaan warna air radiator tidak memiliki khasiat yang berbeda.

Perbedaan warna air radiator hanyalah sebagai pembeda dengan cairan lainya ketika ada kebocoran daam kendaraaan. Artinya penguna kendaraan bisa lanngung mengidentifikasi ketika kendaraan mengalami bocor dari bagian mesin. Apakah bocor itu dari oli, air AC atau air radiator.



Apabila kebocoran disebabkan dari air radiator, pengguna kendaraan disarankan untuk segra memeriksa kendaraanya lantaran fungsi dari radiator itu sangat penting. Demikianlah ulasan singkat perbedaan air radiator berwarna. Semoga bermanfaat.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4381 seconds (0.1#10.140)