Waspadai Vapor Lock, Bisa Bikin Rem Mobil Blong

Sabtu, 09 April 2022 - 12:08 WIB
loading...
Waspadai Vapor Lock, Bisa Bikin Rem Mobil Blong
Vapor lock pada rem mobil merupakan kondisi di mana suhu rem menjadi terlalu panas. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Vapor lock pada rem mobil merupakan kondisi di mana suhu rem menjadi terlalu panas karena diinjak terlalu lama dan menyebabkan minyak rem menjadi mendidih. Ketika minyak rem mendidih akan menghasilkan uap air yang bisa menyebabkan rem blong.

Rem adalah salah satu sistem keselamatan terpenting pada kendaraan bermotor, maka dari itu jangan mengabaikannya karena bisa berakibat fatal. Anda perlu menjaga dan merawat komponen ini sebaik mungkin agar kinerjanya tetap optimal.

Ini penting karena jangan sampai rem menjadi malfungsi atau blong karena vapor lock. Untuk mencegah vapor lock, Anda perlu melakukan penggantian minyak rem secara berkala di setiap 40.000 km.



Dengan demikian, minyak rem harus dicek dan diganti setiap kelipatan 40.000 km. Jika tidak diganti, risiko munculnya uap air atau udara di dalam sistem pengereman, karena dari vapor lock bisa menjadi lebih besar.

Untuk menghindari terjadinya vapor lock , saat anda melintasi jalanan menurun, selain menginjak rem untuk menghentikan atau memperlambat laju mobil, Anda juga direkomendasikan untuk menggunakan bantuan dari mesin atau engine brake.

Sebagai catatan, penting untuk melakukan perawatan dan pemeriksaan secara berkala terhadap fitur pengereman tersebut agar tetap bekerja secara optimal. Sehingga kondisi sepeda motor secara keseluruhan akan selalu dalam kondisi baik dan performanya tetap terjaga.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1931 seconds (0.1#10.140)