China dari Pembajak Desain Jadi Pemain Utama Dunia, Ini Analisa Eks Desainer BMW

Senin, 11 April 2022 - 10:49 WIB
loading...
A A A
Yang pertama memulai adalah Chery. Perusahaan mobil China itu bekerja sama dengan Pininfarina untuk membuat mobil sedan Chery A3. "Desainnya memang tidak terlalu istimewa tapi justru diterima dengan baik oleh konsumen. Itu jadi tanda kalau masyarakat China memang tidak mau memiliki mobil bajakan," terang Frank Stephenson.



China dari Pembajak Desain Jadi Pemain Utama Dunia, Ini Analisa Eks Desainer BMW


Kerja sama itulah yang akhirnya jadi jembatan buat industri otomotif China masuk ke periode ketiga yakni era moderen. Di momen ini perusahaan China melibatkan insan-insan kreatif dalam negeri dan luar negeri dalam membuat mobil.

Mereka bahkan rela menggelontorkan banyak uang untuk mengambil desainer-desainer otomotif kelas dunia. "BYD salah satuya yang sangat berhasil. Padahal awalnya mereka paling sering meniru mobil luar," jelas Frank Stephenson.

Di era ini perusahaan mobil di China justru benar-benar sangat berbeda. Setiap pabrikan mobil berhasil memiliki desain masing-masing yang sangat khas dan berkarakter.

"Selain itu sokongan dana yang luar biasa juga berhasil membuat mereka mengakuisisi alih perusahaan mobil dunia lain agar adanya transfer teknologi dan desain. Ini yang membuat mereka sekarang jadi pemain utama otomotif dunia," jelasnya.
(wsb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4578 seconds (0.1#10.140)