Nissan Babak Belur di Asia Tenggara, Ini Jawaban Mantan Bos

Senin, 11 April 2022 - 07:00 WIB
loading...
Nissan Babak Belur di Asia Tenggara, Ini Jawaban Mantan Bos
Nissan Terra merupakan salah satu produk Nissan di Indonesia yang tidak mengalami update. Foto-foto/SINDONEWScom-Wahyu Sibarani
A A A
JAKARTA - Penjualan Nissan babak belur di kawasan Asia Tenggara . Mulai dari Indonesia, Malaysia, hingga ke Thailand sepanjang 2021. Ironis mengingat Nissan adalah sebuah merek mobil yang sangat ternama dan diterima oleh masyarakat.

Saat ini Nissan memang masih berada dalam papan atas penjualan mobil dunia terutama di kawasan Eropa. Hanya saja jika berbicara wilayah Asia Tenggara, semuanya jadi berbeda.

Di negara-negara Asia Tenggara, Nissan yang sekarang tidak seberuntung Nissan yang dulu. Penjualannya terus tergerus dan bahkan dikangkangi oleh merek-merek baru yang datang dari China.

Ambil contoh di Indonesia, sepanjang 2021 Nissan hanya mampu menjual sebanyal 3.177 unit dari total 887.202 unit. Capaian itu membuat Nissan keluar dari 10 besar merek terlaris di Indonesia. Bahkan Wuling dan DFSK mampu mengalahkan Nissan. Wuling mencatat penjualan sebanyak 25.564 unit sedangkan DFSK sedikit lebih baik dari Nissan di angka 3.242 unit.

Bukan hanya di Indonesia, di Thailand bahkan Nissan juga mengalami hal yang sama. Memang tidak separah di Indonesia, Nissan Thailand masih mampu menjual sebanyak 29.696 mobil sepanjang 2021 dari total keseluruhan 759.119 unit.



Nissan Babak Belur di Asia Tenggara, Ini Jawaban Mantan Bos


Masalahnya penjualan itu justru tidak bikin Nissan berada di papan atas. Perusahaan mobil yang berbasis di Yokohama, Jepang itu harus berada di peringkat kelima. Kalah dari Mazda yang justru ada di peringkat keempat dengan perolehan penjualan 35.385 unit. Padahal seumur-umur Mazda di Thailand, tidak sekali pun pernah mereka bisa mengalahkan Nissan.

Di Malaysia gambaran yang sama juga terlihat. Nissan hanya ada peringkat keenam di negeri jiran. Tahun lalu mereka hanya menjual sebanyak 12.287 unit. Kalah dari Mitsubishi yang ada di peringkat kelima dengan total penjualan 17.489 unit. Padahal pada 2019 dan 2020, Nissan masih jumawa ada di peringkat kelima di Malaysia.

Mantan CEO Nissan dan Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi, Carlos Ghosn mengatakan Nissan sama sekali tidak mengerti kawasan Asia Tenggara. Dalam bukunya Broken Alliances, Carlos Ghosn mengatakan Nissan tidak membaca dengan baik kondisi negara-negara Asia Tenggara yang mereka tuju.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3448 seconds (0.1#10.140)