Kesan Pertama Mencoba Hyundai IONIQ 5, Mobil Listrik Buatan Bekasi

Selasa, 12 April 2022 - 13:34 WIB
loading...
A A A
Adapun sistem bantuan pengemudi Hyundai SmartSense di IONIQ 5 terlengkap. Mulai Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), hingga Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) dan Smart Cruise Control with Stop & Go Function.

i-Pedal
i-Pedal adalah fungsi regenerative braking system, yakni sistem yang akan mengisi daya baterai mobil dengan memanfaatkan energi kinetik yang dihasilkan saat mobil tengah melakukan deselerasi. Ketika i-Pedal aktif, kita hanya memakai 1 pedal saja untuk akselerasi hingga deselerasi. Paddle Shifter juga bisa memberikan performa lebih, selain opsi Normal, Sport, dan Eco.

Powerbank Berjalan
Kesan Pertama Mencoba Hyundai IONIQ 5, Mobil Listrik Buatan Bekasi

Keunikan IONIQ 5 lainnya adalah Vehicle-to-Load (V2L) atau powerbank berjalan. IONIQ 5 bisa mengisi daya sepeda listrik, skuter listrik, atau peralatan berkemah. Ini sangat “lifestyle” dan “hype” sekali. Bayangkan Anda jalan-jalan ke taman sambil membawa sepeda/skuter listrik, dan bisa langsung mengisi daya baterainya di mobil.

Jarak Tempuh
Kesan Pertama Mencoba Hyundai IONIQ 5, Mobil Listrik Buatan Bekasi

Jarak tempuh IONIQ 5 mencapai 381 km-481 km sekali charge. Tergantung tipe. Ada 4 tipe varian, yakni IONIQ 5 Prime Standard Range, IONIQ 5 Prime Long Range, IONIQ 5 Signature Standard Range, dan IONIQ 5 Signature Long Range. Harganya mulai Rp700 juta-Rp800 jutaan. Pelanggan memiliki lima pilihan warna eksterior, yaitu Optic White, Magnetic Silver Metallic, Titan Gray Metallic, Midnight Black Pearl, dan Gravity Gold Matte.

Pengisian daya baterai 6 jam. Sementara fast charging bisa 40 menit-57 menit untuk mencapai 80 persen. Rasanya spek ini sudah cukup baik. Dalam jangka panjang, Hyundai berencana menghadirkan fasilitas super fast-charging kapasitas daya 350 kW di Indonesia yang memungkinkan semua tipe IONIQ 5 dapat melakukan pengisian daya hingga 80% hanya dalam kurun waktu 18 menit.

Performa
Seperti halnya mobil listrik lainnya, akselerasi IONIQ 5 sangat baik. 0-100 kph ditempuh dalam 7,4 detik. Tidak istimewa, tapi mobil ini sangat menyenangkan untuk dikendarai.

Garansi
Hyundai sangat serius memasarkan kendaraan listrik. Maksudnya, mereka ingin konsumen merasa nyaman. Misalnya, pengguna mendapat garansi baterai hingga 8 tahun/160.000 km. Lalu, sudah gratis biaya instalasi AC Home Charger dan portable charger. Ini tentu membuat konsumen tergoda.



Ramah Lingkungan
IONIQ 5 mengusung banyak bahan ramah lingkungan. Baik dari jok (dari botol PET daur ulang), juga detail pintu (kertas HDPE). Bahkan bantalan benturan atau crash pada IONIQ 5 dicat dengan cat berbahan alami. Juga, cover kursi IONIQ 5 menggunakan kain campuran wol ramah lingkungan.

Kesimpulan
IONIQ 5 bisa disebut memiliki fitur, value, serta keunggulan mobil listrik yang mungkin sesuai dengan selera konsumen Indonesia. Wajar, jika kemudian banyak konsumen yang sebelumnya tidak tertarik menjadi tertarik. Racikan mobil listrik Hyundai lewat IONIQ 5 ini pas di segala sisi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1710 seconds (0.1#10.140)