Ini Mobil Futuristik Pengganti Astrovan untuk Bawa Astronot NASA

Jum'at, 15 April 2022 - 12:25 WIB
loading...
Ini Mobil Futuristik Pengganti Astrovan untuk Bawa Astronot NASA
Setelah puluhan tahun menggunakan Astrovan, kini astronot NASA akan menggunakan mobil listrik untuk mencapai roket peluncuran Pad 39B di Kennedy Space Center. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Setelah puluhan tahun menggunakan Astrovan, kini astronot NASA akan menggunakan mobil listrik untuk mencapai roket peluncuran Pad 39B di Kennedy Space Center. Mobil terbaru ini merupakan Pod futuristik yang dikembangkan Canoo Technologies dari Bentonville, Arkansas, berdasarkan model LV listriknya untuk NASA.

Astrovan sendiri merupakan kendaraan ikonik yang digunakan NASA untuk membawa astronotnya menuju Pesawat Ulang-alik ke luar angkasa. Ada tiga kendaraan yang dibuat Canoo Technologies yang disesuaikan dengan kebutuhan NASA.

"Transportasi futuristik ini akan menjadi solusi kendaraan ramah lingkungan karena menggunakan teknologi nol-emisi untuk penjelajah generasi berikutnya," kata NASA dalam sebuah pernyataan yang dikutip Daily Mail, Jumat (15/4/2022).

BACA : Kawasan Industri Otomotif di Rusia Kini Jadi Kota Mati Akibat Sanksi Invasi

Kendaraan ini akan menggantikan armada Astrovan NASA, yakni kendaraan Airstream 1983 berwarna perak berkilau yang membawa kru pesawat ulang-alik ke landasan peluncuran.

Mobil futuristik ini akan membawa empat orang awak astronot dari Neil Armstrong Operations and Checkout Building ke landasan peluncuran Pad 39B di Kennedy Space Center.

Ini Mobil Futuristik Pengganti Astrovan untuk Bawa Astronot NASA


Tidak hanya itu, kendaraan tersebut juga akan digunakan untuk mendukung operasi pra-peluncuran lainnya serta pelatihan dan uji coba hitung mundur peluncuran.

Canoo ditargetkan sudah bisa membawa kru NASA ke Pad 39B paling lambat Juni 2023. Setelah itu, berturut-turut mobil Canoo digunakan membawa astronot pada peluncuran Mei 2024 dan penjemputan astronot pada pendaratan pertama di tahun 2025.

BACA JUGA : Arkeolog Temukan Catatan Gempa Terbesar di Cilli 3.800 Tahun Lalu
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1475 seconds (10.101#12.26)