Kawasan Industri Otomotif di Rusia kini Jadi Kota Mati Akibat Sanksi Invasi

Rabu, 06 April 2022 - 09:32 WIB
loading...
Kawasan Industri Otomotif di Rusia kini Jadi Kota Mati Akibat Sanksi Invasi
Pabrik Volkswagen di Kaluga, Rusia kini sama sekali tidak beroperasi dan ditutup untuk jangka waktu yang tidak ditentukan. Foto/DOK. Volkswagen
A A A
RUSIA - Kaluga, kawasan industri otomotif yang ada di Rusia kini semakin menderita karena sanksi invasi di Ukraina. Pusat industri itu kini bak jadi kota mati.

Wilayah yang ada di Rusia bagian tengah itu memang tidak ubahnya seperti Cikarang dan Karawang di Indonesia, karena sama-sama jadi kawasan industri yang banyak diisi oleh sektor otomotif.

Di Kaluga dapat ditemukan dengan mudah pabrik-pabrik mobil buatan Volkswagen, Mitsubishi, Volvo, hingga Peugeot. Tidak heran jika wilayah Kaluga sangat vibran karena aktivitas buruh pabrik yang sangat tinggi.

Hanya saja semuanya berubah ketika Presiden Rusia Vladimir Putin memutuskan menginvasi Ukraina beberapa waktu lalu. Aksi itu membuat seluruh elemen internasional menerapkan sanksi buat Rusia termasuk industri otomotif. Banyak dari mereka memutuskan untuk menutup pabrik-pabrik yang ada di negara beruang putih itu.



Kawasan Industri Otomotif di Rusia kini Jadi Kota Mati Akibat Sanksi Invasi


Tidak hanya karena sanksi, beberapa perusahaan mobil yang membuka pabrik di Kaluga juga terpaksa menghentikan produksi akibat keterbatasan suplai komponen. Hal itu dialami oleh Stellantis dan Mitsubishi yang terpaksa merumahkan 2.000 karyawan mereka.

Jangan kaget, jumlah itu justru kalah besar dibanding yang terjadi di pabrik Volkswagen. Keputusan pabrikan Jerman itu untuk berhenti produksi karena adanya invasi membuat 4.000 karyawan pabrik Volkswagen sama sekali tidak bekerja hingga kini.

Saat ini jumlah warga yang tinggal di Kaluga memang tercatat sebanyak 325.000 orang. Hanya saja banyak dari mereka yang mengandalkan pendapatan mereka dari sektor otomotif.

Penutupan pabrik dan perumahan karyawan justru membuat aktivitas ekonomi Kaluga tidak berdenyut. Aktivitas pagi yang sudah tinggi di pagi hari hingga malam justru tidak kelihatan lagi. Kaluga benar-benar seperti kota mati.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2592 seconds (0.1#10.140)