Ini Mobil Futuristik Pengganti Astrovan untuk Bawa Astronot NASA

Jum'at, 15 April 2022 - 12:25 WIB
loading...
Ini Mobil Futuristik Pengganti Astrovan untuk Bawa Astronot NASA
Setelah puluhan tahun menggunakan Astrovan, kini astronot NASA akan menggunakan mobil listrik untuk mencapai roket peluncuran Pad 39B di Kennedy Space Center. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Setelah puluhan tahun menggunakan Astrovan, kini astronot NASA akan menggunakan mobil listrik untuk mencapai roket peluncuran Pad 39B di Kennedy Space Center. Mobil terbaru ini merupakan Pod futuristik yang dikembangkan Canoo Technologies dari Bentonville, Arkansas, berdasarkan model LV listriknya untuk NASA.

Astrovan sendiri merupakan kendaraan ikonik yang digunakan NASA untuk membawa astronotnya menuju Pesawat Ulang-alik ke luar angkasa. Ada tiga kendaraan yang dibuat Canoo Technologies yang disesuaikan dengan kebutuhan NASA.

"Transportasi futuristik ini akan menjadi solusi kendaraan ramah lingkungan karena menggunakan teknologi nol-emisi untuk penjelajah generasi berikutnya," kata NASA dalam sebuah pernyataan yang dikutip Daily Mail, Jumat (15/4/2022).



Kendaraan ini akan menggantikan armada Astrovan NASA, yakni kendaraan Airstream 1983 berwarna perak berkilau yang membawa kru pesawat ulang-alik ke landasan peluncuran.

Mobil futuristik ini akan membawa empat orang awak astronot dari Neil Armstrong Operations and Checkout Building ke landasan peluncuran Pad 39B di Kennedy Space Center.

Ini Mobil Futuristik Pengganti Astrovan untuk Bawa Astronot NASA


Tidak hanya itu, kendaraan tersebut juga akan digunakan untuk mendukung operasi pra-peluncuran lainnya serta pelatihan dan uji coba hitung mundur peluncuran.

Canoo ditargetkan sudah bisa membawa kru NASA ke Pad 39B paling lambat Juni 2023. Setelah itu, berturut-turut mobil Canoo digunakan membawa astronot pada peluncuran Mei 2024 dan penjemputan astronot pada pendaratan pertama di tahun 2025.



Misi Artemis NASA akan mendaratkan wanita pertama dan orang kulit berwarna pertama di Bulan, menggunakan teknologi untuk menjelajahi lebih banyak permukaan bulan daripada sebelumnya.

Sebelumnya, NASA meminta sejumlah perusahaan otomotif mengajukan proposal terbaik untuk membuat mobil bagi astronot tersebut. “Proposal harus unik, merangkul teknologi baru, dan secara visual mewujudkan Artemis ke publik," kata NASA.

Menurut informasi resmi dari NASA, pihaknya akan mempertimbangkan proposal perusahaan otomotif untuk terlibat dalam pembuatan van baru ke dalam Airstream khusus 1983 yang digunakannya sekarang.

NASA menunggu proposal dari perusahaan otomotif untuk membuat Astrovan hingga 22 Oktober 2021. "Kami tidak sabar untuk melihat apa yang akhirnya NASA dapatkan," katanya.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1314 seconds (0.1#10.140)