Ini Fungsi Roller Pada Motor Matic, Wajib Tahu!

Jum'at, 15 April 2022 - 17:01 WIB
loading...
Ini Fungsi Roller Pada Motor Matic, Wajib Tahu!
Fungsi roller pada motor matic penting untuk diketahui. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Pemilik kendaraan harus mengetahui fungsi roller pada motor matic. Sehingga, ketika mengalami gejala kerusakan pengguna bisa segera mengganti roller sebelum kendaraan mati.

Roller dalam kendaraan matic merupakan komponen penting yang menggerakan pulley sebagai penggerak roda depan dan belakang.
Seperti diketahui, motor matic digerakan secara otomatis oleh komponen CVT atau Continuously Variable Transmission .

Dalam CVT tersebut terdapat drive belt, pulley primer yang terhubung dengan mesin dan pulley skunder terhubung dengan roda belakang. Kedua pulley tersebut digerakan oleh roller.

Lalu, apa fungsi roller pada motor matic sebenarnya? Berikut ulasannya dikutip dari Suzuki:

1. Mudahkan Variator Bergerak
Fungsi roller pada motor matic yang pertama adalah memudahkan pergerakan variator. Variator adalah komponen yang bekerja dalam proses pergerakan sepeda motor. Supaya variator dapat bergerak dengan baik maka kondisi roller juga harus bulat.

2. Menentukan Diameter Pulley
Fungsi selanjutnya yaitu menentukan besar kecilnya diameter pulley. Pada saat diameter roller ini berubah lebih besar atau kecil sesuai dengan tarikan gas maka motor akan bergerak.

BACA JUGA: Review realme 9 4G: Kamera 108 MP, Desain Holografik, dan Layar Super AMOLED

3. Pengatur Akselerasi Motor
Akselerasi kendaraan motor matic juga dipengaruhi oleh roller. Untuk itu, roller berfungsi mengatur akselerasi pada sepeda motor. Roller bawaan dari pabrik akan bekerja mengatur akselerasi motor agar tetap seimbang.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2346 seconds (0.1#10.140)