Bongkar Spesifikasi Lamborghini Bikinan Gunungkidul

Selasa, 19 April 2022 - 19:20 WIB
loading...
Bongkar Spesifikasi Lamborghini Bikinan Gunungkidul
Lamborghini bikinan Gunungkidul. FOTO/ SC YouTube
A A A
JAKARTA - Selama ini pabrikan supercar didominasi oleh negara-negara Eropa. Namun ada bengkel sederhana di Gunungkidul, Jawa Tengah yang juga mampu membuatnya.

Bengkel milik Suharyanto ini mampu membuat Lamborghini Aventador. Tentu ini hanyalah replika saja, tapi secara tampilan, benar-benar sangat mirip, lengkap dengan pintu gunting.


Di bengkel bernama High Class Auto Custom, mobil Mitsubishi Galant lansiran tahun 2000 disulap menjadi Lamborghini Aventador berwarna kuning.

Pembuatannya memakan waktu satu tahun hingga mobil siap mengaspal. Suharyanto menyebut proses pembuatan memakan waktu lama karena ada beberapa kendala.

"Pengerjaan 10 bulan tapi karena ada penyesuaian-penyuasain jadi agak mundur menjadi satu tahun," kata Suharyanto dalam tayangan YouTube bertajuk Begini Penampakan Mobil Mirip Lamborghini Buatan Gunungkidul.

"Yang paling rumit itu mindah mesinnya dari depan kebelakang. Terus di perombakan perseneling, dan pemasangan AC juga karena kan butuh selang yang lebih besar," terangnya.

Suharyanto menyebut, Lamborghini Aventador buatannya ini bukan hanya mirip dari segi tampilan saja. Ia juga berusaha untuk mendongkrak performanya.

Supercar asal Gunungkidul tersebut juga mendapat perombakan di sisi knalpotnya. Knalpot dibuat secara khusus agar suara yang dihasilkan lebih gahar.

"Jadi mesin dulu yang kami kerjakan, dinaikan cc-nya. Setelah mesin jadi baru kita bikin bodynya. Mesin harus diatas 2000cc dan kalau bisa yang V agar mirip suaranya," paparnya.

Suharyanto mengatakan dalam pembuatannya ia mengandalkan ilmu yang dia dapatkan secara otodidak. Ia memang telah malang melintang di bidang otomotif.

Untuk membuat Lamborghini Aventador, Suharyanto membutuhkan dana sekitar Rp 350 jutaan. Biaya bisa bertambah jika fiturnya ingin dibuat semakin spesial.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1207 seconds (0.1#10.140)