Pertama Kali Arab Saudi Gelar Reli Off Road Khusus Wanita, Membelah Gurun Pasir Hail ke Riyadh

Minggu, 24 April 2022 - 09:33 WIB
loading...
Pertama Kali Arab Saudi Gelar Reli Off Road Khusus Wanita, Membelah Gurun Pasir Hail ke Riyadh
Pertama kali, Arab Saudi menggelar reli navigasi off-road khusus wanita bertajuk Rally Jameel 2022 pada 16-19 Maret 2022. Foto/The Drive
A A A
ROYADH - Pertama kali, Arab Saudi menggelar reli navigasi off-road khusus wanita bertajuk Rally Jameel 2022 pada 16-19 Maret 2022. Sebanyak 70 pebalap wanita dari 35 tim mengadu keterampilan melintasi medan gurun pasir dari Hail ke Ibu Kota Riyadh, melewati Al-Qassim.

Kendaraan reli yang digunakan tim adalah penggerak semua roda atau penggerak empat roda, seperti yang diperlukan oleh gurun Arab Saudi, tetapi tidak dimodifikasi. Hampir setengah dari entri kendaraan dari pabrikan ternama hadir dalam kompetisi ini, di antaranya Toyota: Rav4, Prado, FJ Cruiser, Fortuner, dan Land Cruiser.

Entri lainnya termasuk Jeep Wrangler, Ford Bronco, Isuzu MUX, Ram 1500, Land Rover Defender, Lexus LX, MG RX8, Mitsubishi L200, Jeep Compass, Hummer, Nissan Patrol, Jeep Grand Cherokee, Baic, Porsche Cayenne, dan Porsche Macan. Para peserta menempuh tiga tahap, bervariasi dari sekitar 200 hingga 300 mil per hari, dengan rute dirahasiakan sampai malam sebelumnya.



Pemenang keseluruhan dari Rally Jameel adalah duo Swedia pembalap Annie Seel dan co-driver Mikaela Ahlin-Kottulinsky mengendarai Toyota Rav4 dan bernomor 21 2022. Posisi kedua adalah Atefa Saleh dari Uni Emirat Arab dan Eleanor Coker dengan Toyota Prado bernomor 13 2018.

Urutan ketiga Maha Al Hamly dari Arab Saudi dan Pochola Hernandez dari Spanyol yang menunggangi Toyota Prado bernomor 9 2018. Toyota menyapu semua gelar podium sampai posisi 10 besar, sedangkan Ford Bronco menempati urutan ke-13, dan pickup Ram ke-17.
Pertama Kali Arab Saudi Gelar Reli Off Road Khusus Wanita, Membelah Gurun Pasir Hail ke Riyadh


Ajang reli khusus wanita ini merupakan gelombang pasang perubahan yang terjadi di Kerajaan Arab Saudi yang sebelumnya menerapkan peraturan larangan bagi wanita mengendarai mobil. Hingga Juni 2018, Arab Saudi adalah satu-satunya negara yang tidak mengizinkan wanita mengemudi.



Sudah hampir tiga tahun sejak Dewan Menteri Arab Saudi memperkenalkan beberapa amendemen undang-undang perdata dan perburuhan yang memperluas hak-hak perempuan, dan hampir empat tahun sejak perempuan diberikan izin mengemudi di Kerajaan.

Perubahan undang-undang tersebut merupakan bagian dari inisiatif Visi 2030 Kerajaan, yang menyatakan bahwa “negara modern yang sukses harus mendorong dan memberdayakan semua anggota masyarakat, termasuk perempuan.”
Pertama Kali Arab Saudi Gelar Reli Off Road Khusus Wanita, Membelah Gurun Pasir Hail ke Riyadh
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2114 seconds (0.1#10.140)