Ciri Kabel Kopling Motor Mau Putus yang Sering Dirasakan

Rabu, 27 April 2022 - 08:03 WIB
loading...
Ciri Kabel Kopling Motor Mau Putus yang Sering Dirasakan
Ciri Kabel Kopling Motor. FOTO/ IST
A A A
Setiap komponen pada motor memiliki masa pakai. Termasuk juga komponen kabel kopling yang bisa saja putus seiring dengan berjalannya waktu.

Nah bagi kalian para pengendara motor kopling, perlu untuk mengetahui usia kabel kopling yang sudah uzur. Ini guna menghindari kabel kopling putus ketika di perjalanan.



Pastinya tidak mau kan saat sedang asik-asiknya berkendara tiba-tiba kabel kopling putus. Perjalanan tentu akan terhambat karena mesin motor akan sering mati.

Sebelum kabel kopling benar-benar putus, sebenarnya ada beberapa ciri yang bisa dirasakan. Berikut adalah ciri-cirinya, dilansir dari berbagai sumber, Selasa (26/4/2022).

Jika kabel kopling mau putus, tuas kopling akan berbeda dari biasanya. Kalian bisa merasakannya seperti tuas terasa lebih berat atau lebih enteng saat diremas.

Selain "rasa" tuas kopling akan berbeda, kabel kopling yang putus juga biasanya akan menimbulkan bunyi aneh. Ini karena serat kabel kopling sudah tidak beraturan.

Kabel kopling mudah rusak bisa disebabkan karena adanya kotoran yang masuk ke sela-sela kawat. Lama kelamaan kotoran akan merusak serat kawat dan menyebabkan kopling putus.

Hal yang paling sederhana yang bisa dilakukan untuk merawat kabel kopling adalah dengan melumasi bagian dalam kabel kopling. Dengan begitu pergerakan kawat akan lancar dan umur kopling jadi lebih awet.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1923 seconds (0.1#10.140)