Inilah Tips Hemat BBM Ketika Terjebak Macet Mudik Lebaran 2022

Sabtu, 30 April 2022 - 21:06 WIB
loading...
Inilah Tips Hemat BBM Ketika Terjebak Macet Mudik Lebaran 2022
Tips hemat BBM ketika terjebak macet penting diketahui. Foto: Sindonews
A A A
JAKARTA - Berhadapan dengan macet ketika mudik adalah pemandangan biasa. Selain menyebabkan stres karena harus menunggu lama, juga bisa menyebabkan borosnya BBM kendaraan Anda.

Lalu apa kaitannya macet dengan boros BBM ? Di saat macet mobil kita tentunya akan berhenti dalam waktu yang cukup lama dalam kondisi mesin menyala. Kondisi ini biasa dikenal dengan nama stop and go. Dampaknya, konsumsi bensin pada kendaraan lebih banyak ketimbang jalanan lancar.

Pemborosan BBM ketika macet terjadi karena digunakan untuk memutarkan mesin tanpa mobil berjalan. Tentunya kita tidak ingin mengalami kehabisan bensin di jalan. Karena itu, ada beberapa cara untuk menghindari boros BBM ketika terjebak macet di saat mudik.

Mematikan dan Menyalakan Mesin
Mematikan dan menyalakan mesin menjadi salah satu cara menghemat bensin ketika menghadapi macet. Mematikan dan menyalakan mesin ini tentunya tidak dilakukan seenaknya. Yang perlu kita perhatikan saat stop and go, dan menyala atau matikan mesin, adalah kondisi aki.

Cara ini sebaiknya dilakukan secara berkala. Contohnya setelah sepuluh kali menyala dan mematikan mesin, selanjutnya paling tidak biarkan mobil menyala selama setengah jam. Hal ini berfungsi untuk mengisi aki mobil anda agar tidak cepat habis.

Mengecek Kondisi Aki
Sebelum Anda berangkat mudik, sebaiknya selalu mengecek aki terlebih dahulu. Ini berkaitan dengan tips sebelumnya. Yakni mematikan dan menyalakan mobil. Apabila dijalan nanti Anda akan sering mematikan dan menyalakan mobil, pastikan kondisi aki dalam keadaan baik.

Hemat AC
Penggunaan AC atau air conditioner mobil menyedot cukup banyak tenaga dari mesin dan menyebabkan konsumsi bahan bakar bertambah. Saat Anda terjebak macet, pilih waktu yang tepat untuk menghidupkan AC supaya konsumsi BBM lebih irit.

Jika Anda ingin menggunakan AC, atur suhu pada kabin sekitar 25 derajat supaya kompresor bekerja tidak terlalu membebani mesin. Hindari penggunaan AC dengan suhu paling dingin secara terus menerus (biasanya 18 derajat). Ini bakal membuat konsumsi BBM meningkat.


Service Mobil Teratur
Ketika mudik kondisi mobil Anda harus prima. Pengecekan menyeluruh terhadap mobil diperlukan untuk mengetahui seberapa terjaga kondisi mobil Anda. Ini juga berkaitan dengan proses pembakaran bahan bakar nantinya. Apabila kondisi mesin buruk pastinya akan lebih banyak menyedot bahan bakar.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1402 seconds (0.1#10.140)