Apa Pentingnya Punya Asuransi Kendaraan Ketika Mudik Lebaran?

Minggu, 01 Mei 2022 - 18:05 WIB
loading...
Apa Pentingnya Punya Asuransi Kendaraan Ketika Mudik Lebaran?
Ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar aktivitas mudik lebih aman dan nyaman. Foto: dok Garda Oto
A A A
JAKARTA - Sebagian pemudik sudah menuju kampung halaman sejak Jumat, 29 April 2022 hingga arus balik yang diperkirakan pada 8 Mei 2022. Saat mudik seperti sekarang, asuransi kendaraan menjadi hal penting.

Seperti yang diungkap Head of Communication and Customer Service Management Asuransi Astra L. Iwan Pranoto. ”Asuransi kendaraan memberikan peace of mind saat berkendara di momen mudik Lebaran,” ungkapnya.

Para pelanggan Garda Oto, menurut Iwan mendapatkan berbagai layanan untuk menemani perjalanan mudik . ”Mulai layanan darurat Garda Siaga gratis dan contact center 24 jam Garda Akses 1 500 112, layanan Garda Center, kantor cabang di seluruh Indonesia, hingga layanan melalui Garda Mobile Otocare. Mudik jadi lebih aman, nyaman,” beber Iwan.

Iwan juga memberikan tips bagi para pemudik yang baru berangkat ke kampung halaman mulai hari ini atau setelah Lebaran:

1. Ketahui informasi kebijakan rute perjalanan
Apa Pentingnya Punya Asuransi Kendaraan Ketika Mudik Lebaran?

Pemerintah merilis kebijakan untuk menghindari kemacetan total di jalanan, seperti adanya jadwal ganjil genap, pemberlakuan satu arah, hingga mengadakan jalur alternatif.

Pastikan tahu kebijakan arus mudik yang berlaku, kenali kondisi jalan yang akan dilalui, ketahui lokasi pengisian bahan bakar dan juga tempat peristirahatan yang akan dilalui, posisi pos siaga dan bengkel siaga. ”Terpenting pastikan berkendara aman dengan jaga jarak dan mentaati rambu lalu lintas,” ujarnya.

2. Persiapkan surat-surat penting & peralatan darurat
SIM, STNK, dan KTP adalah tiga surat penting yang wajib dibawa saat berkendara. Adapun kelengkapan surat-surat ini membuktikan legalitas administratif diri dan kendaraan, serta bukti bahwa pengemudi sudah memenuhi syarat untuk mengendarai mobil atau motor yang digunakan saat mudik.

Selain itu lengkapi kendaraan dengan peralatan darurat seperti tool kit, ban cadangan untuk pengguna mobil, jas hujan dan helm SNI untuk pengguna motor.

3. Perhatikan kondisi kendaraan
Sebelum memutuskan untuk mudik dengan kendaraan pribadi, pastikan kondisi kendaraan berfungsi normal. Seperti rem, wiper, lampu, hingga ban. Selanjutnya, sebagai pengguna kendaraan juga wajib untuk menjaga muatan baik untuk jumlah orang maupun barang yang akan dibawa. Sehingga selain dapat membuat nyaman saat perjalanan, hal tersebut juga tentunya dapat mencegah terjadinya kecelakaan.

4. Perhatikan kondisi fisik
Apa Pentingnya Punya Asuransi Kendaraan Ketika Mudik Lebaran?

Tubuh fit dan prima juga tidak boleh diabaikan saat ingin berkendara apalagi dengan jarak yang jauh dan waktu tempuh yang lama.
”Jangan memaksakan diri apabila dirasa mengantuk ataupun lelah. Istirahat terlebih dahulu di tempat peristirahatan demi keamanan diri sendiri dan juga pengemudi lainnya,” ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2840 seconds (0.1#10.140)