Waspada, Kecelakaan Ditabrak dari Belakang Sering Terjadi Saat Mudik

Rabu, 04 Mei 2022 - 14:17 WIB
loading...
Waspada, Kecelakaan Ditabrak dari Belakang Sering Terjadi Saat Mudik
Unggahan Story Instagram dibagikan @danangfirmansyah.dna memperlihatkan city car menyeruduk MPV di tol Surabaya-Malang. Foto: Instagram
A A A
JAKARTA - Kecelakaan yang disebabkan tabrak belakang oleh pengendara lain acap terjadi di jalan raya. Apalagi, di momen mudik seperti sekarang dimana banyak pengemudi menggunakan akses tol untuk bepergian dari satu kota ke kota lainnya.

Dalam kasus kecelakaan lalu lintas tabrak dari belakang umumnya terjadi ketika pengemudi kendaraan mengabaikan jarak aman atau jarak minimal yang sudah diatur dalam peraturan perundang-undangan.

Padahal, menjaga jarak aman berkendara sudah seharusnya dipahami dan diterapkan oleh seluruh pengendara. Peraturan mengenai jaga jarak antara kendaraan juga diatur di dalam pasal 62 PP no. 43 tahun 1993 tentang Tata Cara Berlalu Lintas.

Peraturan tersebut mewajibkan pengendara menjaga jarak dengan mobil di depannya. Menjaga jarak di antara kedua kendaraan bukan tanpa alasan, hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Nah, berikut adalah tips aman menjaga jarak di belakang mobil saat berkendara:

Jarak Aman 3 Detik
Waspada, Kecelakaan Ditabrak dari Belakang Sering Terjadi Saat Mudik

Jarak aman mobil pengemudi dengan mobil yang berada di depannya adalah 3 detik. Menggunakan hitungan waktu relatif mudah disesuaikan dengan kecepatan kedua mobil. Artinya, proses pengereman yang aman butuh waktu sekitar 3 detik. Sementara, pengereman mendadak bahkan bisa kurang dari 1 detik.

Waktu tersebut krusial bagi otak pengendara untuk memperoses perintah pada otot di kaki untuk menginjak pedal rem. Kemudian, kemampuan mobil dalam memproses mengerem hingga berhenti juga butuh waktu selama 0,5-1 detik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa 3 detik adalah waktu ideal untuk mengerem secara aman.

Cara lain untuk memperkirakan jarak aman antara mobil cukup melihat bagian roda belakang pada kendaraan. Pastikan Anda dapat melihat roda belakang kendaraan di depan Anda menyentuh tanah untuk menghitung jarak aman antara mobil Anda dan juga mobil di depan Anda.



Dengan melihat roda belakang pada kendaraan di depan Anda juga memiliki ruang yang cukup untuk bermanuver ketika terjadi sesuatu.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2184 seconds (0.1#10.140)