Ini Sistem Kereta Jepang yang Banyak Ditiru Negara Lain

Jum'at, 06 Mei 2022 - 08:09 WIB
loading...
Ini Sistem Kereta Jepang yang Banyak Ditiru Negara Lain
Sistem kereta Jepang yang banyak ditiru negara lain untuk menghindari kemacetan dan kenyamanan. FOTO/ IST
A A A
TOKYO - Jepang butuh waktu ratusan tahun untuk membuat sistem transportasi umum yang nyaman, cepat, dan tepat waktu seperti sekarang ini.

Kereta api di Jepang paling banyak disukai, namun ternyata, ketika kembali ke 140 tahun lalu, ada sejumlah besar pengetahuan telah dikumpulkan untuk memastikan perkeretaapian berjalan dengan lancar di Jepang.

BACA JUGA - Saudi Kembali Operasikan Kereta Cepat Makkah-Madinah

Seperti dilansir dari thelogicalindian.com (18/4/2022), dengan pengetahuan ini ada beberapa hal yang sudah dikumpulkan dari masa lalu hinga sekarang.

Sistem kereta api Jepang sangat legendaris karena ketepatan waktunya. Padalah selama jam sibuk penumpang ramai dan padat.

Tak hanya itu jalur berkecepatan tinggi andalan Jepang yakni Tokaido Shinkansen telah beroperasi setengah abad tanpa ada satu pun tergenlincir atau tabrakan. Bahkan di tahun 2007 terjadi keterlambatan pun rata-rata hanya 18 detik sepanjang rute 514 km.

Tak hanya paling tepat waktu, jaringan shinkansen pun ternyata teraman secara global. Dengan nol kematian penumpang sejak kereta peluru mulai beroperasi pada tahun 1964, dan kecelakaan dalam bentuk apa pun sangat jarang terjadi.

Dengan berbagai keandalannya, kereta juga dijamin sepi dan sangat bersih. Hanya butuh tujuh menit bagi tim pembersih yang sangat efisien untuk membersihkan setiap kereta.

Sebuah labirin jalur perbelanjaan yang tak berujung, terowongan bawah tanah, dan lautan tubuh yang bergerak, Stasiun Shinjuku adalah tempat penduduk setempat yang berpengalaman tersesat secara teratur. Alasannya karena itu adalah stasiun kereta api tersibuk di dunia.

Melayani hampir 3,6 juta penumpang setiap hari, stasiun ini begitu ramai sehingga pada tahun 2016 perusahaan East Japan Railway meluncurkan aplikasi baru yang dirancang khusus untuk berkeliling stasiun tunggal ini.

Dari 51 stasiun yang paling banyak diperdagangkan secara global, Jepang adalah rumah bagi 45 stasiun, membuktikan sekali lagi bahwa ini adalah negara yang beroperasi dengan kereta api.

Lima stasiun teratas adalah Shinjuku, Shibuya, Ikebukuro, Umeda (di Osaka), dan Yokohama.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1873 seconds (10.177#12.26)