Tips Jual Motor Cepat Laku Agar Tidak Rugi Besar

Jum'at, 06 Mei 2022 - 18:05 WIB
loading...
Tips Jual Motor Cepat Laku Agar Tidak Rugi Besar
Menjual motor agar cepat laku dengan harga tinggi atau setidaknya sama dengan pasaran perlu menggunakan beberapa trik. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Bagi Anda yang ingin menjual motor kesayangan, jangan melakukannya asal-asalan. Penting sekali untuk mengetahui cara menjual motor yang benar agar bisa terjual dengan cepat tanpa mengalami rugi besar.

Ya, memang caranya tidak semudah membalikan telapak tangan. tetapi itu bukan mustahil untuk dilakukan. Lantas seperti apa caranya? Berikut paparannya seperti dilansir blog resmi Suzuki :

1. Cek kondisi motor lakukan perbaikan
Tips Jual Motor Cepat Laku Agar Tidak Rugi Besar

Ketika menjual motor, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengecek kondisi motor secara menyeluruh. Bawa motor ke bengkel tanyakan keseluruhan kondisi motor. Lakukan inspeksi dari segi mesin juga eksterior motor.

Jika ada beberapa bagian yang rusak, tidak ada salahnya menggantinya terlebih dahulu. Pastikan juga tampilan motor sesuai dengan STNK. Selain untuk menghindari komplain, ini juga akan mendongkrak harga jual motor.

2. Pastikan surat-surat lengkap pajak hidup
Tidak banyak yang mau menerima motor tanpa BPKB atau STNK karena bisa menjadi masalah dalam pengurusan pajak. Selain itu, pajak yang tidak dibayarkan juga akan membuat calon pembeli berpikir dua kali.

Maka, pastikan surat-surat lengkap akan lebih baik jika rutin membayar pajak tahunan motor. Ini akan membuat motor lebih mudah dijual. Surat yang lengkap ditambah pajak tahunan rutin dibayar juga akan meningkatkan harganya.

3. Jual dengan harga sedikit di bawah pasar
Setelah kondisi keseluruhan motor diketahui, saatnya untuk survei harga pasaran. Ini penting dilakukan sebelum mematok harga di iklan. Pantau harga motor sejenis dari merek, tahun keluaran tampilannya. Pengecekan harga bisa dilakukan secara daring.

Usai mengetahui harga pasarannya, pasang harga sedikit di bawah harga pasar. bisa harga lebih murah Rp100.000 atau Rp50.000. Harga yang lebih murah akan menarik perhatian sehingga lebih cepat laku.

4. Memilih platform penjualan yang tepat
Saat ini ada banyak platform untuk menjual motor. Pertama bisa lewat dealer atau showroom motor bekas. Cara ini memang lebih cepat untuk mendapatkan uang, namun harganya jauh lebih murah dibandingkan menjual sendiri.

Bisa juga lewat internet, seperti marketplace atau media sosial. Memasarkan motor lewat internet punya kelebihan berupa pangsa pasar lebih besar. Namun, juga membutuhkan lebih banyak energi untuk merespon pertanyaan calon pembeli.


5. Pasang iklan di waktu tepat
Rutin survei harga bukan hanya untuk menentukan berapa harga motor tetapi juga mengetahui waktu yang tepat untuk menjual motor. Harga motor bisa saja naik atau turun tergantung dengan trend atau kondisi ekonomi.

Cari tahu harga pasaran motor beberapa bulan atau Minggu terakhir. Mengetahuinya akan memudahkan kita mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menjual motor.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2697 seconds (0.1#10.140)