Ternyata Ini Penyebab Klakson Mobil Mati, Tidak Perlu Bingung!

Jum'at, 06 Mei 2022 - 19:25 WIB
loading...
Ternyata Ini Penyebab Klakson Mobil Mati, Tidak Perlu Bingung!
Klakson mobil mati bisa disebabkan banyak sekali faktor. Yang terpenting adalah cara menanggulanginya. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Pemilik kendaraan perlu memahami penyebab klakson mobil mati. Sehingga, mereka bisa dengan segera mencari solusinya.

Klakson mobil merupakan komponen penting dalam sebuah kendaraan. Apabila mati, tentu saja menimbulkan rasa waswas dan khawatir. Apalagi sedang berada di jalan raya. Atau, sedang melakukan perjalanan jarak jauh seperti mudik Lebaran.
Lalu, apa penyebab klakson mobil mati? Berikut ulasannya dilansir dari Auto2000 :

1. Kabel klakson
Penyebab pertama klakson mobil mati adalah masalah pada kabel mobil. Biasanya, klakson tidak mau menyala dikarenakan kabel yang mengalami korsleting putus, berjamur, dan berkarat. Solusinya, lakukan pengetesan dengan melibatkan alat seperti test lamp.

2. Switch klakson rusak
Penyebab berikutnya adalah kerusakan di switch klakson. Switch adalah komponen yang terletak pada tombol klakson dan terhubung dengan setir kendaraan. Bagian ini berfungsi sebagai penghubung tekanan yang diberikan pada tombol klakson ke sumber bunyi. Solusinya, lakukan pembongkaran pada bagian kemudi dan tombol klakson untuk memperbaiki bagian switch-nya.

3. Relay klakson sudah usang
Relay klakson yang sudah usang tentunya menyebabkan klakson mobil mati. Solusinya adalah mengganti dengan yang baru sesuai pabrikan mobil.



4. Sekring putus
Sekring dalam instalasi klakson mobil berperan sebagai pengaman rangkaian listrik agar tidak kelebihan muatan. Jika satu saja kabel putus, maka seluruh sistem kelistrikan akan ikut bermasalah. Sousinya adalah menggantinya dengan komponen baru. Itulah beberapa penyebab klakson mobil mati yang bisa diketahui.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3127 seconds (0.1#10.140)