Begini Cara Menurunkan Gigi Mobil Manual dengan Benar dan Aman

Kamis, 26 Mei 2022 - 22:05 WIB
loading...
Begini Cara Menurunkan Gigi Mobil Manual dengan Benar dan Aman
Cara menurunkan gigi mobil manual perlu diketahui pengendara mobil. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Cara menurunkan gigi mobil manual sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Namun, bisa terasa sulit bagi pemula atau pengendara mobil bertransmisi otomatis.
Dalam perkembangannya, mobil memiliki dua jenis, yaitu mobil matik dan mobil manual.

Penggunaan mobil matik lebih mudah. Karena hanya memiliki pedal gas dan rem. Sedangkan pada mobil manual, ada tiga pedal yang terdiri dari gas, rem, dan kopling.

Selain itu, proses perpindahan gigi mobil manual juga lebih sulit dibanding mobil matik. Alasannya, pengendara mobil manual harus mengoper perseneling sembari kakinya menginjak pedal kopling.

Tak hanya itu, pengendara juga harus mengatur kecepatan yang sesuai sebelum mengoper gigi, agar perpindahan perseneling bisa halus.

Tak jarang pengendara yang baru mengenal mobil manual akan merasa kesulitan dalam memindahkan gigi hingga menurunkannya. Sehingga perlu beberapa waktu untuk melakukan latihan terlebih dahulu.

Lantas, bagaimanakah cara menurunkan gigi mobil manual yang benar dan aman? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut langkah-langkahnya.

1. Turunkan Kecepatan Mobil
Satu hal yang perlu diperhatikan pengendara saat hendak menurunkan gigi mobil adalah kondisi kecepatan dari mobil. Sebelum menurunkan gigi persneling, turunkan kecepatan mobil. Sebagai contoh, ketika mobil melaju di angka 70 km/jam, jangan langsung menurunkan giginya. Akan tetapi, kurangi kecepatan dahulu secara perlahan.

2. Turunkan Gigi Mobil
Setelah kecepatan mobil diturunkan, pengendara bisa langsung menurunkan gigi mobil. Caranya adalah lepas pedal gas secara perlahan, kemudian injak pedal koplingnya.

Selanjutnya, tarik tuas persneling ke arah yang sudah ditentukan. Perlu diketahui juga bahwa, dalam pemindahan gigi transmisi harus dilakukan secara berurutan. Maksudnya adalah apabila kendaraan ada pada gigi 4, maka turunkan dulu ke gigi 3, jangan langsung diturunkan ke gigi 2 atau 1.



3. Lepas Pedal Kopling dan Injak Pedal Gas Kembali
Setelah gigi transmisi berhasil diturunkan, langkah selanjutnya adalah melepaskan pedal kopling. Lakukan langkah ini bersamaan dengan menginjak pedal gas kembali. Apabila pedal kopling tak dilepas, maka mobil tidak bisa melaju seakan tertahan dan akan mengeluarkan suara dengungan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2367 seconds (0.1#10.140)