Mobil Favorit Yakuza Berubah, dari Toyota Alphard Jadi Prius

Minggu, 29 Mei 2022 - 13:30 WIB
loading...
Mobil Favorit Yakuza Berubah, dari Toyota Alphard Jadi Prius
Toyota Alphard mulai ditinggalkan Yakuza karena terlalu mencolok dan tidak sesuai dengan imej baru mereka. Foto/IST
A A A
JEPANG - Mobil favorit gengster Jepang, Yakuza saat ini ternyata sangat berubah drastis. Para Yakuza kini tidak lagi tampil mencolok atau flashy dengan mobil-mobil mewah seperti Mercedes-Benz S-Class, Toyota Century dan Toyota Alphard.

Alih-alih para Yakuza justru kini berusaha tampil membumi dengan menggunakan mobil yang cukup sederhana, Toyota Prius. Selain peduli lingkungan, mobil hybrid buatan Toyota itu juga membuat para anggota Yakuza tidak terlalu mencolok ketika berada di jalan.

Disebutkan Wapcar perubahan gaya hidup yang terjadi di Yakuza disebabkan semakin turunnya popularitas kelompok spesial di Jepang itu. Yakuza kini bahkan kesulitan merekrut orang-orang baru di organisasi mereka.

The Guardian menyebutkan penurunan jumlah anggota terjadi dimulai pada 2006. Sejak saat itu semakin banyak orang tidak lagi tertarik dengan Yakuza.



Mobil Favorit Yakuza Berubah, dari Toyota Alphard Jadi Prius


Alhasil saat ini anggota Yakuza yang tersisa juga sudah sangat berumur untuk benar-benar terlibat aktif dalam kegiatan mereka.

"Populasi di Jepang kini lebih banyak diisi oleh orang-orang berumur termasuk di Yakuza. Saat ini juga Yakuza tidak lagi menarik buat anak-anak muda," terang Tomohiko Suzuki, penulis buku tentang Yakuza, Yakuza 1000nin ni Aimashita.

Selain itu perubahan paradigma juga membuat Yakuza tidak lagi berupaya menonjolkan diri. Mereka berusaha mengubah pandangan masyarakat bahwa Yakuza tidak lagi identik dengan kegiatan kriminal.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2832 seconds (0.1#10.140)