Begini 5 Cara Mengatasi Mobil Mati di Tanjakan

Selasa, 31 Mei 2022 - 15:23 WIB
loading...
A A A
Menyalakan mesin mobil ini dilakukan setelah mengaktifkan rem tangan. Dengan begitu, mobil bisa hidup lagi dan bisa melewati tanjakan sampai tuntas.

Starter mobil seperti biasa. Apabila dalam percobaan pertama gagal, lakukan secara berulang sampai dua-tiga kali. Namun jangan terlalu sering mencoba, karena justru dapat membuat aki tekor. Jika benar-benar tidak bisa, ada baiknya Anda mencari bantuan. Mulai dari hubungi bengkel terpercaya, asuransi, hingga jasa derek mobil.

4. Bila Mesin Bisa Aktif, Masukan Transmisi ke Posisi 1

Apabila mesin mobil bisa aktif kembali, segera masukkan transmisi ke posisi gigi 1 yang dibarengi dengan menginjak kopling secara penuh. Kemudian injak pedal gas secara perlahan bersamaan dengan melepaskan pedal kopling selaras dengan menginjak pedal gas.

Saat suara deru mesin sudah terdengar, non aktifkan rem tangan. Meski begitu tangan kiri tetap standby di rem tangan untuk mengantisipasi jika mesin mobil mati kembali.
Baca juga : 7 Tips Mengendarai Mobil Manual Saat Berada di Belokan

5. Jaga Jarak dengan Mobil di Depan dan Belakang

Setelah mobil dapat berjalan kembali, jaga jarak aman dengan mobil di depan dan belakang. Hindari terlalu sering menginjak kopling, kecuali akan berpindah gigi.

Jika tanjakan sudah bisa dilewati, ada baiknya minggir lagi terlebih dulu. Cek kembali kondisi mobil secara keseluruhan dan cari penyebabnya. Bila sudah tahu persoalannya, segeralah perbaiki supaya dapat segera melanjutkan perjalanan sampai ke tempat yang dituju.

Itulah cara mengatasi mobil mati di tanjakan. Hal yang telah dijelaskan itu diperuntukan mobil manual. Sedangkan untuk mobil matic atau otomatis cara mengatasinya hampir sama, hanya saja tidak menggunakan kopling. Semoga informasi ini bisa mengatasi masalah mobil Anda ketika berhadapan dengan tanjakan.
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2196 seconds (0.1#10.140)