Penyebab Gas Motor Naik Sendiri saat Mesin Panas, Jangan Bingung Ini Jawabannya

Kamis, 02 Juni 2022 - 20:00 WIB
loading...
Penyebab Gas Motor Naik Sendiri saat Mesin Panas, Jangan Bingung Ini Jawabannya
Penyebab gas motor naik sendiri saat mesin panas perlu diketahui agar pengendara motor tidak harus panik. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Penyebab gas motor naik sendiri saat mesin panas dapat disebabkan beberapa faktor.Jangan bingung ini jawabannya. Anda tidak perlu panik dan kenali penyebabnya untuk mengatasi masalah tersebut.

Hanya saja memang tidak bisa dipungkiri sebagian besar pengendara motor secara natural memang akan panik ketika tiba-tiba saja gas motor naik sendiri saat mesin panas. Apalagi jika pengendara motor tengah asyik-asyiknya berada di jalan.

Jadi sebelum Anda memahami penyebabnya, yang perlu Anda lakukan segera adalah menghentikan motor yang dikendarai. Taruh motor di posisi aman agar tidak merugikan Anda dan pengguna jalan lainnya.

Setelah itu baru periksa kondisi motor untuk mencari penyebab kenapa gas motor naik sendiri. Penyebab utama biasanya adalah masalah kabel gas. Hal itu mudah terjadi tidak hanya saat mesin motor tengah dalam kondisi panas tapi juga dingin.

Setelan kabel gas itu harus benar sehingga tidak tertekuk yang membuat gerakan kawat dalam selongsong gas tidak lancar. Selain itu setelan yang terlalu rapat akan membuat tarikan terlalu kencang ketika grip sedikit saja digerakkan.



Usia pemakaian juga berpengaruh pada kabel gas. Perhatikan jika kabel gas memang harus segera diganti. Kabel yang seharusnya sudah diganti biasanya berkarat pada bagian selongsong gas atau karet penutupnya robek dan retak.

Lalu bagaimana dengan kondisi gas motor naik sendiri saat mesin panas? Berikut ini beberapa penyebabnya, yuk cermati:

Penyebab Gas Motor Naik Sendiri saat Mesin Panas, Jangan Bingung Ini Jawabannya


1. Kerusakan pada Choke Otomatis
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4258 seconds (0.1#10.140)