Perhatikan, Ini Penyebab Mobil Tersendat Sendat saat Jalan

Kamis, 02 Juni 2022 - 19:07 WIB
loading...
A A A
Terdapatnya kerusakan pada salah satu sensor yang bertanggung jawab untuk mengirim sinyal ke engine control unit (ECU) ini juga merupakan penyebab mobil tersendat sendat saat jalan.

Ketika sensor rusak, otomatis data yang dikirim ke ECU menjadi tidak akurat. Akhirnya bahan bakar yang disuplai pun jadi tak sesuai. Ibarat mesin butuh satu liter bahan bakar, tapi karena kerusakan sensor, maka data yang diterima ECU pun salah dan jumlah yang dialirkan kurang dari angka tersebut.

4. Bahan Bakar yang Tidak Sesuai

Setiap kendaraan memiliki rekomendasi bahan bakarnya sendiri. Di Indonesia, bahan bakar oktan 90 pertalite merupakan jenis yang agak rendah. Namun, perlu juga menyesuaikan lagi kadar oktan di dalam bahan bakar sesuai dengan perbandingan kompresi mesin injeksi.

Contohnya seperti mobil Toyota New Avanza yang perlu diisi dengan bensin beroktan minimal 90 karena kompresi mesinnya 11:1.

5. Busi yang Tidak Standar

Penggunaan busi yang tidak sesuai standar juga bisa menjadi penyebab mobil tersendat-sendat saat jalan. Sebagai komponen yang berfungsi sebagai pemercik api, fungsi busi sangat mempengaruhi performa mesin. Apabila kekuatan memantiknya kurang kuat, maka pembakaran tidak akan terjadi.

Kondisi tersebut sangat mungkin terjadi kalau busi sudah berusia tua. Jika begitu, Anda perlu menggantinya dengan yang baru. Pastikan menggunakan busi standar yang sesuai rekomendasi produsen otomotif.

Itulah penyebab penyebab mobil tersendat sendat saat jalan, yang bisa jadi referensi untuk kalian apabila mengalami masalah ini. Jika memang tidak mengerti tentang mesin mobil lebih baik cepat dibawa ke bengkel terdekat.
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2901 seconds (0.1#10.140)