Penyebab Knalpot Motor Nembak saat Lepas Gas, Kenali Masalah daripada Jatuh Kaget di Jalan

Kamis, 02 Juni 2022 - 21:00 WIB
loading...
Penyebab Knalpot Motor Nembak saat Lepas Gas, Kenali Masalah daripada Jatuh Kaget di Jalan
Penyebab knalpot motor nembak saat lepas gas perlu diketahui oleh setiap pengendara motor. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Penyebab knalpot motor nembak saat lepas gas ternyata bisa terjadi di setiap motor. Tidak hanya motor injeksi tapi juga motor lama yang menggunakan karburator.

Fenomena ini sebenarnya sangat unik. Pasalnya, knalpot motor hanya akan bersuara seperti nembak setiap kali gas dilepas. Sebaliknya ketika gas kembali ditarik knalpot masih berfungsi normal.

Disebutkan situs Adventure Bike Troop, sebenarnya knalpot yang ada di motor dengan injeksi lebih jarang mengalami peristiwa unik itu. Beda dengan motor karbu yang lebih rentan karena pengaturan jumlah bahan bakar yang masuk ke mesin tidak menggunakan komponen elektronis, seperti yang ada di motor injeksi.

Alhasil kemungkinan bahan bakar masih tersedot selama sepersekian detik setelah gas dilepas menciptakan campuran udara-bahan bakar yang kaya yang tidak sepenuhnya terbakar di dalam silinder. Gas yang tidak terbakar itu kemudian memasuki header knalpot panas di mana ia dicampur dengan oksigen dan dinyalakan oleh panasnya knalpot. Dari situlah akhirnya terdengar bunyi tembakan.

Baca juga : Ini Bedanya Wuling EV Indonesia dan Hongguang di China

Penyebab Knalpot Motor Nembak saat Lepas Gas, Kenali Masalah daripada Jatuh Kaget di Jalan


Pertanyaannya kenapa hal itu bisa terjadi? Berikut ini beberapa jawaban yang disarikan dari situs resmi Suzuki, yuk cermati:

1. Lupa Menutup Tutup Choke

Penyebab pertama mengapa knalpot nembak ketika Anda melepas gas adalah karena bagian choke yang belum tertutup. Sebenarnya hal yang satu ini sangat sepele tetapi sering dilewatkan. Ketika Anda membuka choke, jangan lupa untuk langsung menutupnya agar tidak mengalami masalah.

Ketika Anda tidak menutup choke, maka hal yang akan terjadi adalah knalpotnya berbunyi seperti terkena ledakan. Hal ini juga akan menyebabkan munculnya aliran deras dari bahan bakar sehingga menyebabkan keborosan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2297 seconds (11.97#12.26)