Harta Karun dari Tanjung Priok yang Kini Jadi Simpanan Pejabat

Rabu, 08 Juni 2022 - 18:28 WIB
loading...
Harta Karun dari Tanjung Priok yang Kini Jadi Simpanan Pejabat
Toyota Land Cruiser FJ40 yang sempat dirakit di Tanjung Priok kini sangat sulit dicari. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Mobil tua legendaris Toyota Land Cruiser FJ40 menjadi harta karun yang sulit dicari. Selain harganya yang mencapai Rp500 juta, mobil FJ40 dalam kondisi baik dan orsinil kini menjadi simpanan pejabat.

Berdasarkan penelusuran SINDOnews di website jual beli, untuk harga 1 unit mobil tua terbilang luar biasa. Bahkan dalam keadaan mati total dan berkarat alias rongsok masih dijual pada angka di atas Rp100 juta.



Sejarah Toyota Land Cruiser lahir dari prototipenya yang dikembangkan sejak tahun 1951 oleh Toyota Motor Corporation di Jepang.

Lalu, pada tahun 1954, nama Land Cruiser mulai dikenalkan Toyota secara resmi dan langsung memiliki kompetitor di Inggris dengan nama Land Rover. Keduanya terus berkompetisi dengan produk mobil SUV tangguh hingga saat ini.

Dalam kode bahasa desain Toyota, mobil ini memiliki kode J. Kode FJ40 berarti mobil ini adalah Toyota seri J (Land Cruiser) dengan mesin seri F generasi 4 dengan model bodi 0.

Sejarah Toyota Land Cruiser menggambarkan banyaknya seri dan perkembangan yang ada di mobil ini. Pada tahun 1951-1955 seri Toyota Land Cruiser di awal kemunculannya dikenal sebagai BJ dan FJ.

Masuk dalam keluarga seri 40, sejarah Toyota Land Cruiser ini berawal dari rombongan pejabat militer Indonesia yang mengunjungi Jepang pada tahun 1960 dan terpesona dengan mobil ini. Kala itu FJ40 jadi kendaraan militer Jepang.

Pemerintah Indonesia pun akhirnya mengimpor mobil ini untuk kendaraan operasional Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Saat itu, mobil ini terkenal dipakai oleh Resimen Tjakrabirawa, pasukan yang bertugas khusus menjaga keamanan Presiden RI pada zaman pemerintahan Soekarno.

Sekarang, pasukan ini lebih dikenal dengan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Masyarakat umum mulai banyak menggunakan Toyota Land Cruiser FJ40 setelah mobil ini diproduksi di dalam negeri.

Pada 1970, PT Gaya Motor (anak perusahaan PT Astra Internasional Tbk) merakit Toyota Land Cruiser FJ40 di Jalan Sulawesi 2, Tanjung Priok. Hal ini kian melejitkan FJ40 hingga sekarang.

Namun untuk produksi di Indonesia hanya ada versi Hardtop tiga pintu. Sementara versi Canvas Top lebih banyak digunakan untuk kepentingan militer.

Jadi, ini adalah awal mula kenapa mobil ini disebut juga Toyota Hardtop oleh masyarakat Indonesia.

Ada banyak hal mengapa Toyota Land Cruiser FJ40 atau Toyota Hardtop ini menjadi salah satu mobil legenda di Indonesia.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1909 seconds (0.1#10.140)