Rawan Kecelakaan, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Transmisi Loncat

Sabtu, 11 Juni 2022 - 13:49 WIB
loading...
Rawan Kecelakaan, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Transmisi Loncat
Bagi para pengendara tentunya harus memahami penyebab dan cara mengatasi gigi transmisi loncat. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bagi para pengendara tentunya harus memahami penyebab dan cara mengatasi gigi transmisi loncat. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi kahwatir bila mengalami hal tersebut dalam perjalanan.

Transmisi yang pindah ke netral pada mobil manual bisa disebut dengan gigi loncat. Hal ini merupakan masalah yang harus segera diatasi.
Baca juga :Begini Cara Menurunkan Gigi Mobil Manual dengan Benar dan Aman

Gigi loncat ini dapat membahayakan keselamatan pengendara maupun pengendara lain. Untuk mengatasi dan melakukan pencegahan terjadinya hal tersebut, tentunya perlu memahami tentang penyebab-penyebabnya terlebih dahulu.

Berikut penyebab dan cara mengatasi gigi transmisi loncat seperti dilansir auto2000 :

1. Penyebab Gigi Transmisi Loncat

- Kerusakan Pada Synchromesh

Salah satu hal yang jadi menyebabkan gigi loncat adalah kerusakan pada syncromesh. Syncromesh sendiri merupakan suku cadang pada mobil manual yang berperan dalam menyamakan putaran gigi untuk kelancaran perpindahan percepatan gigi.

Kerusakan pada suku cadang ini dapat berupa keausan atau kerusakan pada bagian synchromesh. Jika kerusakannya sangat parah dan tidak mungkin untuk diatasi, maka mengganti synchromesh adalah pilihan yang tepat.

- Blocking Ring Aus

Komponen blocking ring ini ada di dalam synchromesh yang berbentuk seperti gelang bergerigi serta memiliki warna kuning keemasan. Bagian ini memiliki peran dalam melindungi roda gigi yang juga menjadi pemandu bagi lengan hub saat synchromesh menghubungkan putaran dan kekuatan roda gigi percepatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2044 seconds (0.1#10.140)