Rawan Kecelakaan, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Transmisi Loncat

Sabtu, 11 Juni 2022 - 13:49 WIB
loading...
A A A
Keausan yang terjadi pada blocking ring dapat menyebabkan gigi transmisi loncat secara otomatis, misalnya transmisi dari gigi dua atau satu ke gigi netral secara sendirinya. Hal ini akan menyulitkan pengoprasian tuas transmisi pada mobil ketika berkendara.

- Roda Gigi Aus

Kondisi ini juga bisa menjadi penyebab gigi transmisi loncat ke netral dengan sendirinya. Selain itu faktor transmisi yang tidak sejajar dan longgar juga bisa menyebabkan gigi loncat, rumah kopling yang tidak sejajar, dan penutup shifter yang kendur.

- Gaya Mengemudi yang Tidak Benar

Gaya mengemudi seperti memindahkan transmisi ke posisi R pada saat mobil belum berhenti dan masih bergerak, atau sebaliknya, pada mobil manual juga dapat menjadi penyebab gigi transmisi loncat dengan sendirinya.

Saat ingin mengganti gigi mobil manual ke R atau D, pastikan mobil sudah dalam posisi berhenti. Gaya mengemudi yang tidak benar dapat menyebabkan keausan pada komponen roda gigi yang ada di dalam transmisi. Selain itu, kondisi tersebut juga dapat merusak komponen lainnya.

- Kurang Perawatan dan Faktor Usia Penggunaan

Seperti biasa, mobil yang tidak dirawat dengan baik sudah pasti akan mengalami berbagai masalah pada komponen didalamnya, termasuk masalah gigi transmisi loncat ini.

Masa pakai suku cadang yang lama juga dapat menyebabkan gigi transmisi loncat. Oleh karena itu, jika Anda memiliki kendaraan yang sudah cukup tua, melakukan perawatan secara rutin sangatlah penting.

Setiap komponen memiliki waktu pemakaiannya masing-masing, ketika sudah mencapai waktu untuk diganti tetapi belum diganti juga, hal tersebut dapat menyebabkan ketidaknyamanan dalam berkendara.
Baca juga : Lima Langkah Singkat Membaca Buku Manual Kendaraan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0948 seconds (0.1#10.140)