Rawan Kecelakaan, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Transmisi Loncat

Sabtu, 11 Juni 2022 - 13:49 WIB
loading...
A A A
2. Cara Mengatasi Gigi Transmisi Loncat

- Mengemudi dengan Baik

Mengubah gaya berkendara atau melatih skill berkendara tentunya diperlukan untuk mencegah dan mengatasi gigi transmisi loncat.

Contohnya, ketika ingin memindahkan tuas R ke D atau sebaliknya, pastikan mobil berhenti terlebih dahulu sebelum memindahkannya. Hal ini dapat mencegah keausan komponen roda gigi.

- Mengganti Komponen yang Rusak atau Aus

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, komponen seperti synchromesh, blocking ring, dan roda gir pada transmisi mobil bisa saja mengalami kerusakan atau aus.

Jika hal tersebut terjadi, maka sebaiknya Anda mengganti komponen tersebut agar mobil dapat bekerja dengan maksimal kembali.

- Melakukan Perawatan Secara Berkala

Melakukan perawatan mobil dengan transmisi manual sebenarnya sangat mudah dilakukan. Tinggal hanya perlu rutin mengganti oli transmisi secara berkala, sesuai dengan rekomendasi pabrikan yang ada di buku servis. Selain itu, perlu juga perlu memeriksa apakah ada kebocoran oli transmisi atau tidak.

Itulah penyebab dan cara mengatasi cara mengatasi gigi transmisi loncat yang harus segera diatasi sebelum terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Semoga informasi ini bermanfaat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5140 seconds (0.1#10.140)