Begini Cara Memperbaiki Door Lock Pintu Mobil, Pemilik Kendaraan Wajib Tahu!

Selasa, 14 Juni 2022 - 16:14 WIB
loading...
Begini Cara Memperbaiki Door Lock Pintu Mobil, Pemilik Kendaraan Wajib Tahu!
Sedikitnya ada empat cara memperbaiki door lock pintu mobil yang bermasalah atau rusak. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada empat cara memperbaiki door lock pintu mobil yang bermasalah atau rusak. Dengan memahami beberapa cara ini, pemilik kendaraan tidak perlu panik atau khawatir ketika mengalami masalah serupa.

Dalam fungsinya, door lock ini sangat penting sebagai salah satu fitur keselamatan berkendara . Maka dari itu, apabila terjadi kerusakan pada komponen ini, pengendara wajib segera mencari tahu sumber masalahnya.
Baca juga : Mengenal Bagian-bagian Pada Pintu Mobil

Biasanya, kerusakan pada door lock diakibatkan motor penggerak yang bermasalah. Selain itu, bisa juga terjadi karena kawat penghubung yang ada didalamnya putus. Sehingga persebaran arus listrik tidak tersalurkan dengan optimal.

Lantas, bagaimanakah cara mengatasi masalah ini? Dilansir dari situs Auto2000, berikut ulasan mengenai cara memperbaiki door lock pintu mobil yang bermasalah atau rusak :

1. Memeriksa Komponen Motor Penggerak

Pada kondisi door lock pintu mobil yang rusak, pengendara bisa mulai mencari sumber masalahnya dari komponen motor penggerak. Dalam fungsinya, komponen ini bisa menarik pintu secara otomatis. Jadi, ketika disetel untuk mengunci, maka pintu mobil akan terkunci karena plunger tertarik oleh magnet.

Kerusakan pada bagian ini bisa berakibat mobil tidak terkunci dengan benar. Maka dari itu, hendaknya pemilik kendaraan harus melakukan pemeriksaan secara berkala untuk memastikan komponen ini dalam kondisi normal atau tidak terindikasi masalah apapun.

2. Periksa Kawat Penghubungnya

Cara memperbaiki door lock pintu mobil yang berikutnya adalah memeriksa kawat penghubungnya. Salah satu penyebab kerusakan door lock pintu mobil adalah putusnya kawat penghubung. Untuk memastikannya, pemilik kendaraan bisa memeriksa bagian kawat dengan teliti.

Apabila dijumpai ada bagian kawat yang putus, solusinya adalah dengan menggantinya dengan yang baru. Namun, perlu diketahui bahwa kawat yang baru tersebut harus sesuai dengan jenis kawat yang lama. Pengendara bisa membawa kawat lamanya ke bengkel resmi sebagai contoh dari kawat baru yang akan dibeli.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9355 seconds (0.1#10.140)