Begini Cara Mengatasi Rem Cakram Mobil Panas, Pengendara Wajib Tahu!

Rabu, 15 Juni 2022 - 19:56 WIB
loading...
Begini Cara Mengatasi Rem Cakram Mobil Panas, Pengendara Wajib Tahu!
Bagi pengendara tentunya harus memahami cara mengatasi rem cakram mobil panas. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bagi pengendara tentunya harus memahami cara mengatasi rem cakram mobil panas. Dengan begitu, Anda bias meminimalisir kecelakaan lantaran rem panas bisa berujung pada rem blong.

Rem mobil pada dasarnya merupakan komponen yang mengeluarkan suhu panas ketika bekerja. Hal itu diakibatkan karena penggunaannya yang terlalu sering dalam waktu yang lama dan tidak berhenti. Padahal rem ini tidak dibuat untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga : 2 Cara Membersihkan Rem Cakram Berkarat, Mudah dan Praktis

Daya cengkram rem akan menurun jika kondisi rem terlalu panas, rem akan terasa kurang pakem. Hal ini terjadi ketika kendaraan melalui jalan menurun dengan pengemudi menginjak pedal rem terus menerus. Rem cakram ini juga akan memanas ketika melalui jalan berkelok kelok dalam jarak yang cukup panjang. Jika mengalami panas berlebih maka rem bisa saja mengalami rem blong dan bukan tidak mungkin kecelakaan akan terjadi.

Lalu bagaimana cara mengatasi rem cakram mobil panas ? berikut ulasannya dilansir dari auto2000 :

1. Mengurangi Kecepatan

Bila rem mobil sudah dirasa cukup keras dalam menghentikan kendaraan, pastikan untuk mengurangi laju kendaraan agar cakram rem dapat kembali pada suhu normalnya.

Laju kendaraan yang sudah menurun akan memberikan ruang bagi cakram rem untuk mendapatkan angin dari luar. Oleh karena itu mengurangi laju kendaraan yang berkurang dapat mengurangi suhu panas yang ada di cakram rem.

Baca juga : Ini Penyebab dan Cara Atasi Rem Cakram Depan Keras

2. Diamkan Tertiup Angin
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2352 seconds (0.1#10.140)