Mengenal Plat RF, Ini Jenis dan Aturan Penggunaannya

Rabu, 29 Juni 2022 - 17:42 WIB
loading...
Mengenal Plat RF, Ini Jenis dan Aturan Penggunaannya
Plat RF dalam nomor kendaraan memiliki makna tersendiri. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Plat RF dalam nomor kendaraan memiliki makna tersendiri. Secara umum, kode pada plat kendaraan digunakan untuk mengklasifikasikan wilayah ataupun jenis kendaraan tersebut. Hal ini juga berlaku pada kode plat RF.

Biasanya, kendaraan dengan kode plat tersebut melintas di jalan raya bersama pengendara lainnya. Hanya saja, kendaraan tersebut terkadang mendapat pengawalan dari polisi lalu lintas atau sejenisnya. Lantas, kenapa demikian?

Baca juga : Mobil Mau Pakai Plat Nomor Cantik, Segini Kisaran Harganya

Dilansir dari situs Auto 2000, di Indonesia terdapat beberapa kategori khusus dalam hal kendaraan. Salah satu kode yang digunakan untuk mengenali kendaraan khusus ini adalah dengan kode Plat RF.

Plat nomor kendaraan dengan kode tersebut biasanya tidak diawali dengan angka 1 atau 2. Hal ini digunakan sebagai penanda instansi tertentu. Artinya, kendaraan tersebut milik seseorang yang bekerja di lembaga atau instansi tertentu.

Dalam jenisnya, plat RF ini biasanya diikuti oleh satu huruf yang mewakili nama instansi terkait. Berikut beberapa diantaranya :

-RFP

Kode plat RFP merupakan akronim dari Reformasi Polisi. Artinya, kode tersebut digunakan untuk pejabat Kepolisian Negara Republik Indonesia.

-RFS

Kode plat RFS adalah akronim dari Reformasi Sekretariat Negara. Kode ini digunakan pada kendaraan pejabat sipil negara. Selain itu, bisa juga diartikan plat RFS ini dikhususkan bagi pejabat Eselon 1 atau setara Direktur Jenderal pada Kementerian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1933 seconds (0.1#10.140)