Tidak Mau Hentak, Ini Cara Perpindahan Gigi Mobil Manual yang Halus Versi Pembalap

Kamis, 30 Juni 2022 - 16:00 WIB
loading...
Tidak Mau Hentak, Ini Cara Perpindahan Gigi Mobil Manual yang Halus Versi Pembalap
Cara perpindahan gigi mobil manual yang halus akan bikin mobil berjalan dengan mulus. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Cara perpindahan gigi mobil manual yang halus ternyata bukan mitos belaka. Semua orang bisa melakukannya. Termasuk cara yang dilakukan pembalap profesional seperti Rifat Sungkar.

Saat ini penggunaan mobil manual memang tidak sebanyak mobil transmisi otomatis. Apalagi banyak anak-anak muda yang justru mempelajari mobil dengan menggunakan mobil bertransmisi otomatis.

Padahal mobil manual justru menjanjikan banyak keuntungan. Mulai dari konsumsi bahan bakar yang lebih efisien, perawatan lebih terjangkau hingga akselerasi yang lebih asyik dibanding mobil otomatis.

Hanya saja banyak pengguna mobil manual kerap salah kaprah dalam mengoperasikan mobil manual. Banyak dari mereka yang kurang mulus memindahkan transmisi dengan baik. Alhasil banyak perpindahan gigi diikuti dengan gejala hentakan. Bahkan ada yang bikin mobil jadi melompat.



Tidak Mau Hentak, Ini Cara Perpindahan Gigi Mobil Manual yang Halus Versi Pembalap


Menurut pembalap nasional dan juga Wakil Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Rifat Sungkar, banyak pengguna mobil manual berupaya mengatasi keadaan itu dengan menambah gas sambil memainkan pengangkatan kopling.

Hanya saja menurut Rifat Sungkar, cara itu tidak menguntungkan. Pasalnya kopling akan bekerja pada momentum sesaat ketika kopling tersebut diangkat.

"Sebenarnya ngangkat kopling yang cepet itu tidak menguntungkan, karena ketika diinjak habis kemudian angkatan pertama 30 persennya itu kosong, yang bekerja baru pernya, nah pelat kopling baru bekerja sekitar 20 sampai 30 persen sebelum pedal kopling dilepas," kata Rifat Sungkar.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9371 seconds (0.1#10.140)