Penyebab CVT Motor Matik Berisik saat Digas

Sabtu, 02 Juli 2022 - 16:49 WIB
loading...
A A A
4. Face set drive oblak

Penyebab bunyi kasar di bagian CVT, bisa juga disebabkan dari face set drive yang oblak. Ketika part yang berfungsi untuk mendorong per CVT agar vanbelt turun ini aus atau oblak, maka kerja sliding sheave menjadi tidak mulus dan perputarannya berbenturan dengan pasangannya.

Selain menimbulkan bunyi berisik, face set drive oblak juga menimbulkan gejala seperti hentakan-hentakan kecil ketika motor ingin bergerak.

5. Rumah roller aus

Rumah roller juga bisa bikin berisik CVT bila sudah aus atau longgar bagian piece silidenya. Berhubung Plate Ramp dan piece silide bergeser keluar masuk saat motor dijalankan putaran mesin, gesekan tersebut mengakibatkan terjadinya keausan.

Misal rongganya semakin oblak otomatis suara brisik juga makin keras berasal dari plate ramp, menyebabkan getaran atau suara yang tidak normal.

6. Roller, face comp dan boss drive face sudah rusak

Roller juga bisa menggakibatkan suara motor menjadi kasar tidak normal, ini disebabkan roller hancur yang dapat menimbulkan suara kasar diarea CVT.

Selain itu, face comp dan boss drive saling terhubung bergeser keluar masuk saat roda berputar juga bisa mengakibatkan terjadinya keausan pada face comp, jika rongga semakin besar otomatis suara kasar akan muncul.

Agar bagian CVT tidak mengeluarkan suara berisik jangan lupa lakukan service rutin setiap 3000 km atau 1 bulan sekali. Dan kalau bisa, lakukan service rutin di bengkel resmi agar lebih terjamin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8136 seconds (0.1#10.140)