Ini Macam Macam Sensor pada Mobil dan Fungsinya, Kenali dan Pahami!

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:02 WIB
loading...
Ini Macam Macam Sensor pada Mobil dan Fungsinya, Kenali dan Pahami!
Sebagian pengendara mungkin belum mengetahui macam macam sensor pada mobil dan fungsinya. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebagian pengendara mungkin belum mengetahui macam macam sensor pada mobil dan fungsinya. Dengan memahami ulasan ini, pengendara setidaknya bisa mengenali beberapa jenis sensor yang ada di mobilnya.

Pada perkembangannya, mobil dilengkapi dengan berbagai komponen sensor yang memudahkan pengoperasiannya. Dalam fungsinya, sensor-sensor ini memiliki fungsi yang berbeda. Namun, tetap saja semuanya memiliki peranan penting pada kendaraan.

Baca juga : 5 Mobil Berteknologi Canggih yang Bisa Dibeli, Gunakan Satelit Hingga Sensor Ultrasonik

Dilansir dari Auto 2000, berikut macam macam sensor pada mobil dan fungsinya :

1. MAP (Manifold Air Pressure) Sensor

Sensor Manifold Air Pressure (MAP) berfungsi sebagai pengukur intensitas tekanan udara pada intake manifold. Pada sistem pembakaran konvensional dengan karburator, sensor ini menggantikan peran dari vacuum advancer.

2. Oil Pressure Sensor

Sensor ini berfungsi sebagai pendeteksi tekanan oli di mesin. Pada kondisi tekanan oli yang menurun, sensor akan langsung mengirim sinyal peringatan lewat indikator oli. Dalam hal ini, pengendara wajib waspada, karena tekanan oli yang terlalu rendah bisa membuat mesin langsung mati.

3. IAT (Intake Air Temperature)

Sensor Intake Air Temperature (IAT) berguna sebagai pengatur suhu udara yang masuk ke intake manifold. Untuk tempatnya sendiri, komponen ini biasanya ada di dekat filter udara.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1682 seconds (11.97#12.26)