Ciri Pompa Power Steering Rusak, Jangan Anggap Sepele

Jum'at, 08 Juli 2022 - 11:09 WIB
loading...
Ciri Pompa Power Steering Rusak, Jangan Anggap Sepele
Bagi para pengendara tentunya memahami ciri pompa power steering rusak. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bagi para pengendara tentunya memahami ciri pompa power steering rusak. Dengan begitu, pengendara tidak perlu khawatir mengalami masalah buruk yang diakibatkan karena power steering rusak tersebut.

Power steering merupakan komponen yang mempermudah pengendara untuk melakukan manuver. Dengan adanya komponen ini pengendara tidak perlu terlalu banyak memutar kemudi ketika ingin berbelok.

Baca juga : Penyebab Kebocoran Oli Power Steering Mobil dan Cara Mengatasinya

Pada power steering terdapat komponen pendukung di dalamnya salah satunya adalah pompa power steering. Fungsi dari pompa ini memastikan cairan mencapai power steering mobil.

Bagian ini terdiri dari rotor berlubang yang berputar dan memungkinkan cairan masuk ke pompa. Cairan akan berputar dan memindahkan cairan menuju releasing port bila sudah memasuki rotor.

Cairan yang memasuki reservoir dalam sistem power steering untuk membantu roda kemudi menerapkan jumlah tekanan yang tepat agar memutar roda dengan lancar. Apabila bagian ini mengalami kerusakan tentunya akan sulit untuk mengemudikan mobil.

Berikut ciri pompa power steering rusak seperti dilansir auto2000 :

1. Roda yang Kurang Merespon

Biasanya ketika setir digerakkan, roda selalu mengikuti arah yang dituju. Namun bila roda merespon dengan lambat, itu bisa dipastikan terdapat kerusakan pada pompa power steering.

2. Muncul Suara Saat Memutar Setir

Apabila terdengar suara mendengung ketika memutar kemudi, kemungkinan terdapat kebocoran pada pompa power steering. Cairan yang berkurang dengan drastis ini bisa menghasilkan bunyi tersebut. Ini merupakan kondisi yang ingin dihindari oleh semua pengendara. Sangat disarankan memeriksa level cairan pada pompa dengan teknisi ahli.

3. Mobil Mengeluarkan Suara Keras

Jika terdengar suara apapun yang tidak biasanya dikeluarkan kendaraan, maka bisa dipastikan ada suatu masalah pada kendaraan. Supaya lebih yakin, sangat disarankan mengunjungi bengkel resmi mobil Anda agar dapat diperiksa oleh ahlinya.

Baca juga : Bak Lelaki Sejati, Luna Maya Pamer Kemampuan Nyetir Mobil Manual tanpa Power Steering

4. Kemudi Terasa Kaku dan Berat

Bermanuver dengan mudah karena setir terasa ringan ini biasanya terdapat pada kendaraan normal. Namun ketika setir terasa berat dan kaku, maka bisa dikatakan pompa pada steering wheel ada dalam kondisi yang tidak bagus.

5. Terdapat Cairan Bocor di Bawah Mobil

Pompa power steering memiliki segel untuk mencegah cairan keluar. Namun jika melihat ada tanda-tanda kebocoran dan kemudian merasakan berbagai macam hal lainnya seperti yang telah dijelaskan, maka waspadalah. Bisa saja cairan ini berasal dari pompa steering wheel yang mengalami kebocoran sehingga level cairannya berada di bawah batas normal.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2141 seconds (0.1#10.140)