4 Kebiasaan Buruk Penyebab Kopling Cepat Rusak, Waspadai!

Jum'at, 08 Juli 2022 - 13:12 WIB
loading...
4 Kebiasaan Buruk Penyebab Kopling Cepat Rusak, Waspadai!
Sedikitnya ada empat kebiasaan buruk penyebab kopling cepat rusak yang bisa diketahui. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada empat kebiasaan buruk penyebab kopling cepat rusak yang bisa diketahui. Dengan memahami ulasan ini, pengendara bisa melakukan pencegahan agar kopling mobilnya tidak mudah rusak.

Berbeda dengan transmisi otomatis , mobil manual menggunakan kopling dalam pengoperasiannya. Fungsinya sendiri untuk mengatur perpindahan transmisi pada mobil. Selain itu, kopling juga memiliki bagian-bagiannya sendiri seperti pedal, kabel kopling, dan lainnya.

Baca juga : Gejala Kampas Kopling Mobil Matic Habis, Perhatikan!

Terkadang pengendara memiliki kebiasaan yang bisa merusak kopling mobil. Hanya saja, sebagian dari mereka tidak sadar akan hal ini. Jika terus dibiarkan, hal ini akan berdampak pada kinerja mobil yang tidak optimal.

Dilansir dari situs Daihatsu, berikut Kebiasaan Buruk Penyebab Kopling Cepat Rusak yang perlu dihindari :

1. Sangat Sering Menginjak Kopling

Pada mobil manual, kopling menjadi komponen yang sangat penting. Namun, terkadang pengendara justru merusaknya tanpa sadar. Salah satunya dengan terus menginjak kopling sepanjang perjalanan.

Pada teknisnya, ketika pengemudi terus menekan kopling, bantalan rilis dan pelat kopling akan menjadi cepat aus karena terus menerus mendapat tekanan. Maka dari itu, pengendara wajib menghilangkan kebiasaan ini saat mengemudi.

2. Penggunaan Kopling dengan Kasar

Terkadang, seorang pengendara melepas kopling sebelum transmisi mobil berpindah. Hasilnya, akan terdengar bunyi kasar yang disebabkan gesekan keras pada kopling mobil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1389 seconds (0.1#10.140)