Jangan Kebingungan, Ini Penyebab Kopling Selip pada Mobil Makanya Tak Bisa Jalan

Rabu, 13 Juli 2022 - 10:00 WIB
loading...
Jangan Kebingungan, Ini Penyebab Kopling Selip pada Mobil Makanya Tak Bisa Jalan
Penyebab kopling selip pada mobil perlu dipahami agar pengemudi tidak kaget saat kendaraan tak bisa dijalankan. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Penyebab kopling selip pada mobil perlu dipahami agar Anda kemudian hari tidak kebingungan kenapa kendaraan kesayangan tidak bisa jalan. Perlu diperhatikan beberapa faktor yang membuat kopling selip pada mobil.

Masalah kopling selip memang kerap jadi momok buat pemilik mobil dengan transmisi manual. Penggunaan mobil yang sangat tinggi membuat kopling yang ada di mobil transmisi manual mudah mengalami kerusakan.

Apalagi banyak pemilik mobil justru kerap menutup mata masalah tersebut. Selama masih bisa jalan maka tancap gas terus. Padahal kopling, seperti komponen mobil lainnya, juga perlu dirawat dan diperhatikan.

Baca juga : Harta Karun Paling Misterius di Kuburan Firaun Tutankhamun, Kondom Berminyak dari Linen

Nah, berikut ini beberapa penyebab yang perlu Anda cermati agar kopling di mobil transmisi manual tetap berfungsi dengan baik. Yuk cermati apa saja:

1. Gaya Mengemudi

Seperti diutarakan di atas, penggunaan mobil yang sangat tinggi membuat kopling butuh perawatan ekstra. Apalagi jika gaya mengemudinya justru sangat tidak baik. Misalnya terlalu cepat melepas kopling saat memindahkan tuas transmisi, kerap menahan setengah kopling saat di tanjakan hingga memindahkan tuas transmisi tanpa menekan pedal kopling sama sekali.

Gaya mengemudi itu harus dihindari karena meman berpotensi memperpendek usia kopling. Gejalanya tentu akan ditandai dengan kopling selip.

2. Kampas Kopling Telah Aus

Pada umumnya, penyebab kopling mobil selip dikarenakan kampas kopling yang telah aus atau habis. Perlu Anda ketahui, jika kampas disini memegang peranan sebagai penyalur tenaga dari mesin menuju transmisi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1037 seconds (10.55#12.26)