Jangan Kebingungan, Ini Penyebab Kopling Selip pada Mobil Makanya Tak Bisa Jalan

Rabu, 13 Juli 2022 - 10:00 WIB
loading...
A A A
Kampas sendiri dibuat dari berbagai macam bahan ada yang dari keramik, asbes, campuran resin, serta serat lainnya.

Seiring berjalannya waktu, banyaknya gesekan dengan kopling membuat kampas semakin aus. Keausan yang terjadi nantinya akan menyebabkan berkurangnya tenaga yang diteruskan dari mesin menuju transmisi.

Saat kondisi kampas sudah semakin parah, kampas tidak akan mampu lagi menjalankan kerjanya tersebut dengan baik.

Hal tersebut menyebabkan kopling selip dan mobil akan sulit memasukkan gigi sehingga tidak bisa dijalankan, meskipun engine bisa dinyalakan dengan mudah.

Salah satu penyebab keausan adalah masa pakai yang telah terlalu lama misalnya belum pernah diganti sejak pertama membeli. Selain itu bisa saja karena kesalahan penggunaan kendaraan, seperti beban yang overload.

3. Pegas Kopling Lemah

Bila kondisi pegas kopling semakin lemah, maka tidak dapat dipungkiri akan menyebabkan kopling mobil selip. Pegas kopling sendiri memiliki fungsi guna menekan pressure plate supaya bisa meneruskan gaya tekanan ke kampas kopling. Dikala kampas alami penekanan dari pressure plate, maka tenaga dari mesin menuju transmisi bisa disalurkan.

Namun jika pegas kopling lemah, maka pressure plate tidak akan mampu menekan kampas. Alhasil, kendaraan akan alami kopling selip dan tenaga putar dari mesin tidak bisa diteruskan dengan baik.

Untuk atasi penyebab kopling selip ini, alangkah baiknya jika Anda langsung mengambil tindakan membawa mobil ke tempat servis resmi.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1853 seconds (0.1#10.140)