Jangan Kebingungan, Ini Penyebab Kopling Selip pada Mobil Makanya Tak Bisa Jalan

Rabu, 13 Juli 2022 - 10:00 WIB
loading...
A A A
4. Jarak Main Bebas Pedal Kopling Terlalu Rapat

Asal Anda tahu, jarak main bebas ini sebetulnya diperlukan guna memberikan jarak untuk hindari selip. Tatkala Anda menyetelnya terlalu rapat, hal ini akan membuat kendaraan kesayangan berada dalam posisi sudah menekan.

Sehingga pressure plate akan tertarik ke belakang dan berakibat jepitan pada kampas kopling menjadi kendor.

Alhasil, akan terjadi gesekan kampas kopling dengan komponen bernama flywheel dan pressure plate yang sangat kuat. Dengan begitu, kampas kopling tersebut akan semakin panas dan cepat alami selip.

Bila Anda tidak menginginkan keadaan ini terjadi pada mobil, maka cobalah untuk tidak melakukan jarak main bebas yang terlalu rapat.

5. Kopling Terkena Oli

Kopling biasanya berada di antara transmisi dan engine mobil. Karena itu, besar kemungkinan kopling akan sering terkena oli. Kopling yang seringkali digunakan adalah tipe kering.

Sehingga ketika bagian ini terkena oli dalam jumlah banyak, maka akan menjadi penyebab kopling selip akibat terkontaminasi minyak pelumas.

Melindungi dan merawat kendaraan kesayangan memang sangat perlu dilakukan. Hal ini bertujuan agar Anda bisa menggunakannya dengan nyaman dan aman.

Apalagi mengenai komponen kopling, yang mana memiliki tugas dan fungsi cukup vital. Jika tidak rajin merawat kopling, alhasil mobil akan cepat mengalami kerusakan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1197 seconds (0.1#10.140)