Bus Termahal di Indonesia, Apa Saja Fasilitasnya?

Rabu, 13 Juli 2022 - 20:30 WIB
loading...
Bus Termahal di Indonesia, Apa Saja Fasilitasnya?
PO Gunung Harta asal Bali menjadi salah satu perusahaan bus yang berani berinvestasi lebih terhadap armada mereka. Foto: dok PO Gunung Harta
A A A
JAKARTA - Demi memuaskan penumpang, tidak sedikit perusahaan otobus (PO) yang rela mengeluarkan kocek dalam untuk menghadirkan armada bus terbaik. Hal ini dilakukan oleh PO Gunung Harta yang diklaim memiliki armada bus termahal.

PO asal Pulau Dewata Bali itu memiliki armada bus dengan harga per unitnya setara tiga unit bus biasa. Ini karena sasis yang digunakan hingga fasilitas yang disediakan di dalam bus semua sudah dimaksimalkan.

Salah satuus termahal di Indonesia ini berjenis double decker atau bus tingkat. Semua dilakukan agar para penumpang berbondong-bondong menjadi pelanggan setia, dan tentunya juga akan memberi pundi-pundi keuntungan kepada perusahaan.

Bus double decker PO Gunung Harta dirancang oleh karoseri Adiputro. Harganya mencapai lebih dari Rp4,5 miliar, sehingga bisa dikatakan sebagai salah satu bus paling mahal untuk saat ini.

Sasisnya memakai Volvo b11r yang merupakan salah satu sasis bus termahal. Belum lagi bodi yang dipakai, ditambah fasilitas yang dihadirkan tergolong paling mewah dengan kursi yang bisa dipersonalisasi.

Fasilitas bus double decker Gunung Harta ini tidak kalah dengan yang ditawarkan oleh pesawat terbang. Semua kursi pada bus dilengkapi dengan personal TV, meja lipat, dan mesin pijat. Di deck bawah tersedia 6 kursi sleeper untuk kenyamanan maksimal.

Di deck atas konfigurasinya juga nyaman yakni 1-1-1. Tersedia juga berbagai fasilitas, seperti AC, Toilet, Audio, Leg rest, USB Charging, snack, dan servis makan. Tentunya fasilitas itu akan memberikan kenyamanan yang baik buat penumpang bus.

Untuk sektor dapur pacu, bus termahal di Indonesia ini dibekali dengan mesin Turbo Diesel berkapasitas 11.000 cc dengan intercooler. Mesin disebut mampu menghasilkan tenaga hingga 430 dk dengan torsi mencapai 2.000 Nm.

BACA JUGA: Jadi Modal Mabar, Ini 5 Voucher Game dengan Penjualan Tertinggi di E-Commerce

Selain itu, bus juga dibekali dengan suspensi udara dan dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan yang mencakup Antilock Braking System (ABS), Anti Slip (ASR), Electronic Stability Program (ESP), Collision Warning Emergency Braking (CWEB), Lane Keeping Support System (LKAS), dan Adaptive Cruise Control (ACC).
(dan)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1714 seconds (10.177#12.26)