Cara Membersihkan CVT Motor Matic agar Tarikan Terasa seperti Baru

Senin, 18 Juli 2022 - 21:00 WIB
loading...
Cara Membersihkan CVT Motor Matic agar Tarikan Terasa seperti Baru
Cara membersihkan cvt motor matic dan rutin dilakukan setiap 1.500 kilometer sampai 3.000 kilometer akan membuat tarikan motor seperti baru. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Cara membersihkan CVT motor matic akan sangat bermanfaat buat motor kesayangan. Pasalnya tarikan motor matik akan terasa seperti baru.

Continuously Variable Transmission atau CVT memang merupakan salah satu komponen paling penting di motor matic. Salah penanganan otomatis akan langsung mengganggu kenyamanan pengunaan motor Anda.

CVT memang memiliki fungsi vital. Pasalnya komponen itu jadi penyambung tenaga mesin menuju roda, komponen tersebut tak bisa diabaikan dalam hal perawatan. Bila bagian dalamnya kotor, meski sedikit, maka bisa mengganggu performa motor.

Salah satu kondisi yang paling sering terjadi, akibat CVT motor matic kotor, adalah bunyi gredek setiap kali motor dijalankan.

Baca juga : Ini 3 Cara Mengetahui Pemilik Mobil dari Pelat Nomornya, Tanpa Harus ke Samsat

Nah, agar hal itu yang perlu Anda lakukan adalah merawat dengan benar CVT motor matic kesayangan. Caranya cukup mudah loh, yuk cermati:

1. Siapkan Kunci-kunci yang Diperlukan dan Cairan Pembersih

Untuk membuka CVT diperlukan beberapa kunci khusus. Misalnya kunci tahanan CVT yang berfungsi untuk menahan mangkok kampas ganda motor matic kamu. Kunci ini biasanya dipadukan dengan Bor air impact atau kunci blok mesin.

Selain itu diperlukan juga Air Impact Wrench yang berguna untuk membuka baut pada mangkok kampas ganda. Alternatif lain dengan menggunakan kunci blok mesin.

Air impact wrench sangat berguna selain tidak membuat baut menjadi slek atau dol, tekanan angin yang keluar juga sangat besar sehingga baut yang keras sekalipun sangat mudah dibuka tanpa harus menggunakan tenaga lebih.

Selain itu yang paling diperlukan adalah cairan pembersih. Anda bisa menggunakan cairan pembersih khusus atau sabun cair.

2. Cara Membersihkan CVT Motor Matic

Gunakan kunci-kunci tersebut untuk membuka komponenCVT. SetelahnyaAnda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini:

- Setelah mangkok kampas ganda dan pully telah terbuka, bersihkan dengan menggunakan cairan pembersih khusus atau pembersih lainnya seperti sabun cair.

- Saat proses pembersihan, juga perhatikan sliding pad yang mengganjal rumah roller apakah sudah longgar atau belum, kalau longgar wajib diganti.Baca juga : Bikin Takjub, Daftar Harga RX King Bekas Ada yang Rp9 Jutaan hingga Rp50 Juta

- Periksa juga bagian sil kruk as, apakah ada rembesan oli, kalau tidak ada berarti masih aman.

- Jangan lupa juga cek kelayakan belt, kalau sudah mulai retak mending diganti, daripada nanti putus di jalan.

- Setelah pembersihan sliding sheave, jangan lupa harus dikasih gemuk atau grease.

- Terakhir rutin membersihkan CVT motor matic minimal setiap 1.500 kilometer hingga 3.000 kilometer. Selain untuk menjaga umur komponen komponen motor, membersihkan secara rutin CVT motor matic kamu bisa membuat tarikan motor menjadi lebih enteng dan tidak getar.
(wsb)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1332 seconds (10.55#12.26)