Ini Perbedaan Hatchback dan City Car, Cermati Sejarah dan Kegunaannya biar Tidak Salah Kaprah

Senin, 25 Juli 2022 - 20:00 WIB
loading...
Ini Perbedaan Hatchback dan City Car, Cermati Sejarah dan Kegunaannya biar Tidak Salah Kaprah
Perbedaan hatchback dan city car harus dipahami agar menyesuaikan kebutuhan mobil yang diinginkan. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Perbedaan hatchback dan city car kerap bikin banyak orang bingung. Banyak yang menganggap city car haruslah sebuah hatchback. Padahal tidak semua mobil perkotaan atau city car adalah mobil hatchback.

Dari definisinya hatchback dan city car jelas berbeda. Hatchback berdasarkan pengertian kamus Merriam-Webster adalah sebuah mobil yang bagian belakangnya memiliki ruang dan bagian belakang yang terbuka ke atas.

Jika diterjemahkan secara bebas hatchback adalah mobil yang ruang buritannya bisa dibuka ke atas. Jadinya mobil itu memang tidak punya ekor karena harus mengakomodir ruangan yang dibuka ke atas. Makanya banyak orang menyebut hatchback sebagai mobil tanpa ekor.

Jadi hatchback adalah jenis tipe body mobil. Bukan jenis fungsi mobil. Bukan juga mobil yang dimensi dan mesinnya kompak. Pasalnya mobil hatchback pertama di dunia Citroen 11 CV tampil dengan dimensi dan mesin besar.



Ini Perbedaan Hatchback dan City Car, Cermati Sejarah dan Kegunaannya biar Tidak Salah Kaprah


Kini mobil-mobil hatchback yang ukurannya besar juga sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Misalnya saja Toyota GR Yaris yang hingga kini jadi rebutan masyarakat Indonesia karena tenaganya yang besar.

Ini berbeda dengan city car. Jika diterjemahkan secara bebas, city car adalah mobil perkotaan. Tentu saja artinya mobil yang sehari-hari digunakan untuk kebutuhan praktis perkotaan. Definisi city car lebih ke arah fungsi. Bukan fokus pada jenis atau tipe mobil.

Jadi mobil perkotaan itu bisa tampil dalam bentuk apa saja. Hanya saja ukurannya yang kecil atau kompak merupakan syarat utama. Jadi city car bisa saja sedan berukuran kompak, hatchback medium dan mungil, hingga crossover.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3664 seconds (0.1#10.140)