Tips Aman Bonceng Anak Naik Motor Agar Selamat Sampai Tujuan!

Jum'at, 29 Juli 2022 - 10:46 WIB
loading...
Tips Aman Bonceng Anak Naik Motor Agar Selamat Sampai Tujuan!
Masih banyak pengendara yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas sehingga membahayakan keselamatannya sendiri dan orang lain. Foto: Sindonews
A A A
JAKARTA - Orangtua tidak boleh sembarangan membonceng anak naik motor. Sebab, keselamatan menjadi taruhannya. Orangtua harus hati-hati saat mengendarai motor supaya tetap aman di perjalanan.

Jangan sekali-kali memacu motor dengan kecepatan tinggi serta menerobos lalu lintas. Nah, berikut ini adalah tips aman bonceng anak naik motor, seperti dilansir dari berbagai sumber, Jumat (29/7):

1. Anak Jangan di Depan
Orangtua jangan membiasakan menaruh anak di depan saat mengendarai motor. Selain kurang aman, juga dapat menyebabkan anak sakit karena terpapar angin yang kencang.

Lebih amannya, anak-anak dibonceng di belakang. Tapi pastikan mengajak pendamping yang bisa melindunginya. Jadi, posisi anak diapit di bagian tengah motor. Dengan begitu, anak jadi lebih terlindungi.

2. Jangan Ngebut
Ngebut di jalan akan sangat berisiko bagi keselamatan. Jadi jangan pernah melakukannya meski jalan dalam keadaan sepi. Pastikan berkendara dengan kecepatan 60 km/jam, tidak lebih dari itu.

3. Patuhi Rambu Lalu Lintas
Tips Aman Bonceng Anak Naik Motor Agar Selamat Sampai Tujuan!

Mematuhi rambu lalu lintas akan meminimalisir risiko kecelakaan, untuk itu selama berkendara apalagi ketika membonceng anak pastikan tidak melanggarnya. Jangan menerobos lampu merah atau melawan arah.

Selain untuk keselamatan, selalu mematuhi rambu lalu lintas juga akan memberikan contoh yang baik kepada anak untuk patuh terhadap aturan di jalan raya yang sudah ditetapkan.

4. Berhenti Saat Hujan
Jangan memaksa untuk berkendara saat hujan turun. Carilah tempat aman untuk berteduh sejenak. Memaksakan terus gaspol sangatlah rawan kecelakaan, di sisi lain anak bisa saja sakit karena daya tahannya juga berbeda dengan orang dewasa.



5. Gunakan Perlengkapan Standar
Tips terakhir agar aman membonceng anak adalah dengan menggunakan perlengkapan standar. Gunakan helm, celana panjang, jaket, dan sepatu. Perlengkapan ini juga wajib digunakan oleh anak biar sama-sama aman.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2042 seconds (0.1#10.140)