Ini Harga dan Spesifikasi AKI Lithium Buatan ABC

Jum'at, 29 Juli 2022 - 16:32 WIB
loading...
Ini Harga dan Spesifikasi AKI Lithium Buatan ABC
Produsen baterai ABC memunculkan aki ABC lithium khusus motor. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Produsen baterai ABC memunculkan aki ABC lithium khusus motor. Mungkin banyak orang yang belum mengetahuinya bahkan mungkin belum tahu mengenai aki lithium.

Pada acara Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS 2022) yang bertempat di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Utara beberapa waktu lalu, booth ABC telah memajang aki ABC lithium untuk kendaraan bermotor.

Baca juga : Korsel Bikin Kontainer yang Aman untuk Pengiriman Mobil Listrik dan Baterai Lithium-Ion

Dilansir dari berbagai sumber, rencananya aki ABC lithium ini akan launching tahun depan bila tak ada kendala. Aki ABC lithium ini diperkirakan akan terbuat dari Ferro Phosphate (LiFePo4) sebagai katodanya dan Graphite sebagai Anodanya.

Aki lithium ini rencananya akan tersedia dalam dua ukuran. Yaitu, 3 Ampere Hours (Ah) dan 6 Ampere Hours (Ah). Aki ABC yang berkapasitas 3 Ah terdiri dari 6 rangkaian sel, dan untuk 6 Ah juga memiliki rangkaian sel yang sama.

Usia pemakaian aki ini bisa mencapai 5 tahun. Usia ini lebih panjang bila dibandingkan dengan aki kering pada motor umumnya.

Secara kelebihan sendiri, aki lithium ini dinilai lebih aman dibanding aki kering biasa karena tidak terbuat dari nikel. Sehingga akan aman bila terjadi benturan pada aki.

Biasanya aki lithium juga dilengkapi dengan Battery Management System (BMS) yang berfungsi sebagai penyeimbang, pelindung dan pemantau dari terdapatnya arus pendek pada sel lithium.

Baca juga : Gantikan Lithium Ion, Nissan Akan Gunakan Baterai All-Solid-State Mulai 2028

Selain membuat umur pemakaian aki lebih panjang adanya BMS ini juga membuat harga aki menjadi semakin mahal.

Untuk harganya sendiri diperkirakan tidak akan mencapai Rp 1 juta. Rencananya harga aki ABC ini berkisar di angka Rp 300 ribu sampai Rp 600 ribu.

Menilik tren kendaraan seperti mobil saat ini yang banyak menggunakan lithium bukan tak mungkin nantinya motor juga ikut menggunakan energi ini.
(bim)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1372 seconds (11.252#12.26)